10 Penyebab Sakit Perut diatas Kemaluan pada Pria dan Wanita

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Sakit pada perut bagian bawah biasanya dialami ketika masa haid. Namun ternyata, sensasi rasa sakit pada bagian ini juga tak hanya dialami oleh wanita saja. Sakit perut di atas kemaluan bisa mengindikasikan adanya suatu penyakit pada organ dalam tubuh, apa saja? Simak paparan berikut.

Sakit Perut di Atas Kemaluan pada Wanita

Sakit perut di atas kemaluan bagi sebagian besar wanita sering dialami saat masa haid. Namun sebenarnya, sakit perut di bagian ini tidak hanya berkaitan dengan organ reproduksi saja, loh. Beberapa penyakit mungkin bisa menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada bagian tersebut.

Apa penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita? Berikut di antaranya:

1. Kram Menstruasi

Kram perut bawah tanda apa? Sakit perut di bagian atas kemaluan bisa disebabkan karena kram menstruasi. Namun, rasa sakit yang berlebihan dan tak wajar perlu Anda waspadai. Pasalnya, hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada organ reproduksi Anda.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Dalam Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing disebutkan, sakit yang berlebihan pada bagian ini juga bisa mengindikasikan adanya penyakit kista. Sensasi rasa sakit yang hebat ini muncul saat masa menstruasi tiba.

2. Radang Panggul

Selanjutnya adalah radang panggul. Penyakit ini juga bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada perut bagian bawah. Radang panggul terjadi karena terdapat suatu infeksi pada organ kewanitaan. Letaknya berada di area sekitar panggul; tuba falopi, rahim, leher rahim, dan indung telur.

3. Infeksi Jamur Pada Area Kewanitaan

Kenapa perut bagian bawah sakit dan keputihan? Hal ini bisa menandakan adanya infeksi jamur pada vagina. Hal ini dapat terjadi karena bakteri pada area kewanitaan mengalami perubahan dan ketidakseimbangan. Infeksi ini juga umumnya disertai dengan iritasi, gatal, dan bengkak.

4. Usus Buntu

Penyakit usus buntu umumnya ditandai dengan timbulnya rasa nyeri di perut bagian bawah. Rasa sakit yang dirasakan disebut juga sebagai kolik abdomen. Rasa nyeri yang dirasakan umumnya berada pada area sekitar pusar sampai perut bawah bagian kanan. Penyakit ini juga bisa terjadi pada pria.

5. Kanker Usus Besar

Kanker usus besar biasa diawali dengan timbulnya suatu benjolan pada usus besar, benjolan ini dinamakan dengan polip adenomatosa. Benjolan ini kemudian bisa berpotensi membentuk kanker. Salah satu gejala awal yang dialami adalah rasa nyeri di bagian perut bawah.

sakit perust diatas kemaluan

Sakit Perut di Atas Kemaluan pada Pria

Rasa nyeri pada beberapa titik di bagian tubuh tentunya akan memberikan sensasi tak nyaman. Terlebih bagi pria yang aktif berkegiatan, hal seperti ini tentunya bisa mengganggu pekerjaan. Sakit perut pada bagian bawah perut bisa menjadi pertanda awal bahwa organ dalam tubuh sedang mengalami masalah.

Lalu, Apa penyebab sakit perut bagian bawah pada pria? Simak paparan berikut ini:

1. Radang Prostat

Sakit perut bagian bawah juga bisa menjadi pertanda adanya masalah yang terjadi pada kelenjar prostat. Hal ini terjadi karena terdapat infeksi pada bagian tersebut.

Umumnya, gejala yang timbul yaitu berupa nyeri pada perut bagian bawah dan nyeri saat buang air kecil, atau nyeri pada bagian sekitar testis.

2. Urethritis

Penyakit ini dapat terjadi karena uretra yang membawa urine untuk dikeluarkan dari tubuh mengalami iritasi. Urethritis biasanya ditandai dengan keluhan rasa sakit saat kencing atau saat ada dorongan hendak kencing.

3. Gangguan Kandung Kemih

Hati-hati bagi Anda yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada kandung kemih. Adanya infeksi pada kandung kemih biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian perut di atas kemaluan.

Selain pada bagian kandung kemih, keluhan ini juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada ginjal, umumnya berupa penyakit batu ginjal. Rasa sakit yang dialami umumnya akan melebar ke bagian perut belakang bawah.

4. Hernia

Sakit pada bagian bawah perut juga bisa menjadi pertanda adanya hernia. Penyakit ini dapat terjadi akibat adanya bagian usus yang menonjol keluar rongga perut. Jika hal ini terjadi, selain timbul rasa nyeri pada bagian perut, juga umumnya timbul nyeri ketika mengangkat beban yang berat atau saat batuk.

5. Crohn’s Disease

Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan kronis pada usus. Hal ini menyebabkan terjadinya peradangan di lapisan dinding organ pencernaan (mulut sampai anus). Namun umumnya, penyakit ini terjadi pada bagian usus halus dan usus besar.

Penyakit ini juga biasa ditandai dengan diare atau muntah. Rasa nyeri yang dialami pada bagian bawah perut umumnya disebabkan oleh adanya gangguan atau penyakit pada organ pencernaan dan reproduksi. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat.

Beberapa penyakit di atas bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sakit perut di atas kemaluan. Jika intensitas rasa sakit dirasa tak wajar dan disertai dengan keluhan lain, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>