Mudah Ditiru! Ini 10 Cara Melatih Keseimbangan Tubuh!

cara melatih keseimbangan tubuh

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Keseimbangan tubuh merupakan salah satu komponen kebugaran jasmani yang harus dimiliki semua orang. Untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, Anda perlu mengetahui beberapa cara melatih keseimbangan tubuh. Mulai dari latihan sederhana di rumah hingga menggunakan alat profesional dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keseimbangan.

Lantas, di saat apa tubuh kita memiliki keseimbangan? Keseimbangan dibutuhkan saat Anda bergerak, berjalan, melompat, berlari, hingga melempar sesuatu. Semakin besar kecepatan yang dibebankan kepada tubuh, maka akan semakin dibutuhkan sistem keseimbangan yang baik.

Contoh Gerakan Yang Dapat Melatih Keseimbangan

Ada banyak sekali gerakan yang bisa melatih keseimbangan statis maupun dinamis Anda. Tak perlu khawatir, gerakan latihan keseimbangan juga sangat mudah untuk ditiru. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan setidaknya 3 gerakan per hari. Berikut daftar gerakannya:

1. Berdiri dengan Satu Kaki

Gerakan basic yang satu ini pasti sudah diketahui semua orang. Cara melakukan gerakan ini juga sangat mudah, sehingga dapat dilakukan oleh para pemula. Anda dapat menggunakan bantuan kursi atau dinding sebagai pegangan saat pertama kali mencobanya.

Untuk melakukan gerakan ini, Anda hanya perlu mengangkat salah satu kaki ke samping lutut kaki yang lain. Bentuklah sudut siku-siku dan tahan posisi ini selama 15 detik. Lakukan sebanyak 4 kali pada masing-masing kaki secara bergantian.

2. Squad

body squat gerakan melatih keseimbangan tubuh

Cara melatih keseimbangan tubuh selanjutnya adalah dengan melakukan squad. Menurut para pelatih olahraga, melakukan 150 squad dalam seminggu mampu membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Selain itu, ternyata squad juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.

Pasalnya, gerakan ini mampu mengencangkan bokong sekaligus menambah kekuatan kaki sebagai tumpuan tubuh yang utama. Untuk melakukan squad, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Rentangkan kaki, kemudian tekuk kedua lutut
  • Lalu, turunkan pinggul secara perlahan seakan Anda hendak berjongkok
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dalam 1 set

3. Berjalan dengan Benda di Atas Kepala

Gerakan yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga Anda. Untuk melatih keseimbangan tubuh, Anda bisa meletakkan benda, seperti buku di atas kepala. Berjalankan dengan mempertahankan postur tubuh agar buku tidak jatuh. Jika Anda merasa ini terlalu mudah, berjalanlah secara melingkar, zig-zag, atau mundur.

4. Mengayunkan Satu Kaki

Untuk melakukan gerakan ini, Anda perlu berdiri tegak dengan dua kaki yang terbuka lebar. Setelah itu, tahan berat badan menggunakan kaki kiri. Ayunkan kaki kanan ke depan, lalu tahan sekitar 30 detik. Ulangi gerakan tersebut pada masing-masing kaki sebanyak 10 kali.

5. Berjalan Mengikuti Garis Lurus

Cara melatih keseimbangan tubuh yang terakhir adalah dengan berjalan mengikuti garis lurus. Sebelum melakukan gerakan ini, Anda bisa membuat penanda menggunakan kapur. Kemudian, langkahkan kaki kanan ke depan hingga bagian tumit menyentuh jari-jari kaki kiri, begitu pula sebaliknya. Lakukan setidaknya 20 langkah ke depan.

Cara Melatih Keseimbangan Anak

Beberapa gerakan di atas memang dapat melatih keseimbangan tubuh Anda. Akan tetapi, gerakan di atas kurang menarik bagi sang buah hati. Bukannya bersenang-senang, anak malah jadi bosan dan malas berlatih. Lantas, kegiatan apa yang dapat meningkatkan keseimbangan anak usia dini? Berikut daftarnya:

1. Meniru Gaya Pesawat Terbang

Permainan yang satu ini sepertinya menjadi favorit anak-anak. Untuk meniru gaya pesawat terbang, Anda dapat mengarahkan anak untuk mengangkat sebelah kakinya ke belakang, kemudian kaki sebelahnya lagi berpijak ke lantai.

Setelah itu, minta anak untuk merentangkan tangannya lurus ke samping. Anda bisa membantu anak meluruskan sebelah kaki dan memegangnya selama beberapa detik.

Supaya anak tidak bosan, Anda bisa ikut mempraktekkan gerakan ini di sebelahnya, kemudian buat perlombaan. Siapapun yang mampu mempertahankan posisi pesawat terbang hingga akhir, itulah pemenangnya. Sebaiknya, lakukan gerakan ini secara rutin agar keseimbangan semakin membaik dari hari ke hari.

2. Berjalan Jinjit

Cara melatih keseimbangan tubuh anak selanjutnya sangat mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan alat apapun. Minta Anak untuk berjalan jinjit menggunakan ujung jari-jari kakinya. Meskipun terlihat sederhana, gerakan ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh anak secara signifikan.

Pertama-tama, minta Anda untuk berjalan jinjit sejauh satu meter. Jika anak sudah mampu menguasainya dengan baik, Anda bisa meningkatkan jaraknya secara bertahap Anda juga bisa ikut menemaninya berjalan jinjit agar anak lebih termotivasi.

3. Mengendarai Sepeda

Sepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang membutuhkan keseimbangan tingkat tinggi. Maka dari itu, Anda bisa mengajari si kecil bermain sepeda. Pertama-tama, biarkan anak belajar dengan sepeda roda empat.

Setelah itu, lepas satu roda bantuannya, sehingga anak menjadi mengendarai sepeda roda tiga. Terakhir, biarkan anak mengendarai sepeda dengan dua roda saja. Sebaiknya, lakukan kegiatan bersepeda sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

4. Menari

tarian balet

Cara melatih keseimbangan tubuh anak selanjutnya adalah dengan menari mengikuti irama musik. Cara yang satu ini dapat diterapkan pada semua jenis kelamin, entah itu anak perempuan maupun anak laki-laki. Menari tentu saja tidak akan membuat anak merasa bosan.

Sebaliknya, anak akan senang karena belajar hal baru. Tidak hanya melatih keseimbangan, menari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sang buah hati karena mampu menstimulasi motorik halus.

Anda dapat memberikannya tontonan video tari sederhana agar anak dapat mengikuti gerakannya. Selain itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam sanggar tari atau ekstrakurikuler di sekolah.

5. Bermain Hopscotch

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, ā€œPermainan tradisional apakah yang dapat melatih keseimbangan tubuh?ā€ Jika iya, kali ini Anda akan menemukan jawabannya. Ajak anak Anda untuk bermain dampu bulan.

Anda pasti sudah sering mendengar permainan yang satu ini, bukan? Pertama-tama, Anda perlu menggambar balok-balok terlebih dahulu menggunakan kapur. Karena didesain khusus untuk di kecil, sebaiknya sesuaikan ukuran dengan kaki anak dan berikan nomor pada masing-masing balok.

Setelah itu, minta anak untuk melompat menggunakan satu kaki mengikuti nomor-nomor yang sudah Anda tulis sebelumnya. Beri tahu anak bahwa ia tidak boleh melompat menyentuh garis batas balok. Selain melatih keseimbangan, anak juga dapat belajar berhitung lewat permainan ini.

Manfaat Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan tentu saja memiliki banyak manfaat bagi Anda. Setelah melakukan semua cara melatih keseimbangan tubuh di atas, mari simak manfaatnya seperti yang dijabarkan berikut ini:

1. Meningkatkan Respon Tubuh

Ketika Anda melakukan olahraga ringan, tubuh bisa kehilangan keseimbangannya. Bila hal ini terjadi tubuh akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyeimbangkan diri secara otomatis. Jika tidak, Anda dapat jatuh dan terluka.

Dengan melakukan latihan keseimbangan, tubuh akan didorong untuk menghadapi situasi seperti hampir jatuh dengan intensitas yang tinggi. Reaksi tubuh untuk menyeimbangkan diri akan dilatih dengan baik, sehingga berdampak pada respon tubuh. Alhasil, kemampuan tubuh dalam merespon menjadi bertambah.

2. Meningkatkan Koordinasi

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan koordinasi tubuh. Hampir semua aktivitas fisik membutuhkan koordinasi antara satu anggota tubuh dengan anggota tubuh lainnya. Koordinasi ini perlu dilakukan agar masing-masing anggota tubuh dapat mendukung dan mengisi satu sama lain.

Dengan mengikuti latihan keseimbangan, semua anggota tubuh Anda akan dilatih koordinasinya. Tanpa adanya koordinasi, tubuh akan sulit menyeimbangkan diri, sehingga Anda mudah terjatuh. Selama proses latihan berlangsung, koordinasi tubuh akan terus dilatih.

3. Meningkatkan Kekuatan Persendian

Semua tulang dalam tubuh pasti dihubungkan oleh sendi, khususnya anggota gerak. Persendian ini mempunyai peran yang sangat besar ketika Anda bergerak. Jika terdapat masalah pada persendian, Anda tidak akan dapat bergerak dengan leluasa. Bahkan, sendi akan terasa sangat sakit.

Ketika menjalankan latihan keseimbangan, tubuh tidak hanya dipaksa untuk menyeimbangkan diri, melainkan juga menguatkan otot persendian. Pasalnya, setiap latihan keseimbangan pasti melibatkan lutut, bahu, pinggul, dan pergelangan kaki.

Tanpa sadar, stabilitas sendi Anda akan meningkat ketika melakukan latihan keseimbangan. Tak hanya itu, sendi juga akan semakin kuat seiring bertambahnya intensitas latihan.

4. Meningkatkan Kesadaran Tubuh

Manfaat yang terakhir adalah meningkatkan kesadaran tubuh atau body awareness. Kesadaran tubuh merupakan perasaan terkait bagaimana tubuh Anda akan berorientasi terhadap ruang. Selain body awareness, kesadaran tubuh juga sering dikenal dengan sebutan proprioception.

Komponen ini berperan besar dalam memberi penilaian terhadap situasi sekitar, terlebih aktivitas fisik yang menggunakan keterampilan. Jika Anda melakukan latihan keseimbangan secara rutin, kesadaran tubuh terhadap ruang akan semakin bertambah. Dengan begitu, resiko Anda mengalami cedera akan semakin kecil seiring berjalannya waktu.

Setelah mengetahui beberapa cara melatih keseimbangan tubuh, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Dengan melakukan gerakan yang tepat secara rutin, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sudah dijabarkan di atas.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>