Anti Ribet! Ini Cara Membeli Saham Bank BCA Paling Mudah!

cara membeli saham bca

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Di pasar saham, kode emiten BCA sangat populer untuk diperjual-belikan. Saham ini sangat cocok untuk para pemula karena tergolong sebagai salah satu saham bluechip. Mengingat hal tersebut, tak heran jika banyak orang yang mencari cara membeli saham BCA.

Cara Beli Saham BCA

Saham BCA memang sudah bertahun-tahun bertengger di daftar saham bluechip. Tingkat resiko yang rendah dan keuntungan yang berlimpah bisa Anda dapatkan jika membeli saham ini. Lantas, bagaimana cara membeli saham BCA? Simak langkahnya berikut ini:

1. Membuat Akun Sekuritas

Langkah yang pertama tentu saja adalah membuat akun sekuritas. Di era modern ini, membuat akun sekuritas sangat mudah dan cepat. Lantas, BCA sekuritas itu apa? Seperti namanya, BCA sekuritas berada di bawah naungan BCA Group.

BCA sekuritas dapat dibilang sebagai perusahaan sekuritas paling populer di Tanah Air. Tujuan dari dibentuknya BCA sekuritas adalah untuk menyediakan jasa equity capital market, riset, equity underwriting, debt capital market, brokerage, dan pembiayaan perusahaan.

Secara sederhana, BCA sekuritas menjadi wadah bagi para investor untuk bertransaksi saham. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya di AppStore maupun PlayStore secara gratis.

Lalu, apakah bisa beli saham BCA di bibit? Tentu saja jawabannya adalah bisa. Semua sekuritas jual beli saham dapat Anda gunakan untuk membeli saham BBCA. Jadi, Anda juga bisa melakukan transaksi di bibit, ajaib, maupun di bareksa.

Namun, sebaiknya pilih akun yang sudah berada di bawah naungan OJK, ya! Ketika membuat akun, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, kemudian mengunggah foto identitas. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu hingga proses verifikasi selesai.

Baca: Apa itu perusahaat sekuritas?

2. Deposit RDN

Setelah akun Anda berhasil diverifikasi, Anda akan mendapatkan akun Rekening Dana Nasabah (RDN) di bank kustodian. Nantinya, akun RDN akan menjadi tempat penyimpanan dana investasi Anda. Untuk membeli saham BCA, Anda perlu mentransfer sejumlah dana ke akun RDN sebagai deposit.

Beli saham BCA minimal berapa? Seperti emiten saham lainnya, minimum transaksi saham BBCA adalah 1 lot atau 100 lembar, dimana harga 1 lot hari ini (9 Juli 2021) adalah Rp30.050. Jadi, minimal Anda melakukan deposit sekitar Rp3.005.000.

3. Beli Saham BCA

Jika kedua langkah di atas sudah Anda ikuti dengan baik, kini saatnya bagi Anda untuk membeli saham BCA. Cara membeli saham BCA di sekuritas adalah sebagai berikut:

a. Pertama, buka aplikasi sekuritas dan pilih produk saham
b. Pada kolom pencarian, masukkan kode emiten BBCA
c. Masukkan jumlah lot yang Anda inginkan. Pastikan saldo RDN Anda mencukupi
d. Klik tombol Beli atau Buy yang sudah disediakan

cara membeli saham bank bca

Sejarah Saham BCA

Bila Anda tertarik untuk membeli saham BCA, mari simak sejarahnya terlebih dahulu agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Berinvestasi memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih produk investasi.

Saham BCA sendiri pertama kali diperjualbelikan pada tanggal 31 Mei 2000 silam. Kala itu, BCA menawarkan sahamnya seharga Rp1.400 per lembar. Kini, pemegang saham mayoritas BCA adalah grup Djarum dengan kepemilikan sekitar 55,5%. Sementara itu, 44,5% saham dimiliki oleh masyarakat.

Harga saham BCA terus meningkat seiring perkembangan perusahaan. Kini, BCA sudah menjadi bank swasta yang paling besar di Tanah Air dan mampu menyaingi bank BUMN. Bukan tanpa alasan, peningkatan nominal ini juga bertambah seiring naiknya kinerja keuangan bank BCA.

Alasan Membeli Saham BCA

Setelah mengetahui cara membeli saham BCA, apakah Anda masih ragu untuk membelinya? Jika iya, Anda bisa menyimak beberapa alasan membeli saham BCA berikut ini:

1. Brand Image Baik

Pertama, bank BCA memiliki image yang baik di mata masyarakat Tanah Air. Bukan omong kosong belaka, hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang didapat BCA, mulai dari Most Valuable Brand hingga Corporate Image Award.

Memiliki reputasi yang baik di masyarakat membuat saham BCA layak untuk Anda miliki. Kinerja bank BCA juga sudah terbukti dan meningkat secara berkala. Terbukti membayar dividen, tak heran jika emiten saham BBCA menjadi incaran para investor.

Dengan brand image yang baik, Anda tidak perlu takut untuk menyimpan saham BCA dalam jangka waktu panjang. Selain itu, Anda juga tidak perlu memantau grafik terus menerus.

2. Grafik Stabil

Tidak hanya memiliki brand image yang sangat baik, pergerakan saham BBCA di pasar saham juga sangat stabil. Pada beberapa situasi tertentu, saham BBCA juga bisa uptrend dalam jangka panjang.

Meskipun tidak terlalu sering naik secara drastis, tapi saham BCA juga tidak mungkin turun dalam waktu yang singkat. Semakin stabil pergerakan suatu saham, maka akan semakin rendah pula resikonya. Alasan inilah yang membuat saham BCA tergolong dalam saham bluechip.

Selain itu, saham BCA juga didukung oleh pendapatan pasif dan fundamental yang baik. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari dividen. Dengan demikian, saham ini sangat cocok bagi Anda yang baru memulai berinvestasi atau terjun ke dunia saham.

3. Keuntungan Dividen

Alasan terakhir adalah dividen yang cukup menjanjikan. Sebagai bank swasta terbesar di Nusantara, BCA membagikan dividen secara rutin. Bahkan, BCA membagikan dividen interim pada kesempatan tertentu.

Hal ini membuktikan bahwa BCA mempunyai kemampuan dalam pembagian dividen dibanding emiten saham lainnya. Dengan begitu, kemungkinan Anda untuk mendapatkan passive income bisa lebih besar.

Ternyata, cara membeli saham BCA tidak terlalu sulit, kan? Hanya meluangkan waktu dan mengeluarkan uang sekitar Rp3 juta, Anda sudah bisa mempunyai kepemilikan di emiten saham bank swasta terbesar di Indonesia ini. Tak perlu khawatir, Anda bisa duduk manis sambil menunggu keuntungan beberapa tahun kemudian.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>