Syarat & Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Ditengah pandemi Covid-19 yang tidak ada akhirnya, kondisi ekonomi juga semakin memburuk. Maka dari itu, ketahui cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah agar kebutuhan ekonomi Anda bisa terus berjalan.

Bagi Anda yang cari solusi di tengah pandemi Covid-19, maka membuka usaha secara mandiri saat pandemi merupakan salah satu jalan pintas yang bisa dilakukan. Untuk itu, ketahui beberapa bantuan modal dari pemerintah dan cara untuk mendapatkan modal usaha tersebut.

Modal Usaha dari Pemerintah

Perlu diketahui bahwa pemerintah memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pinjaman ini merupakan subsidi bunga dari pemerintah. Dengan adanya pinjaman ini, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga yang relatif kecil.

Salah satu pinjaman modal KUR mikro dari pemerintah yang bisa Anda dapatkan adalah pinjaman Bank BRI. Pinjaman ini memiliki limit kredit hingga Rp50 juta per debitur dengan bunga per tahun hanya 6%. Lalu, bagaimana cara mengajukan modal usaha ke pemerintah? Apa persyaratannya?

Syarat KUR Super Mikro

kur super mikro bank bni

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan KUR Super Mikro, maka ketahui beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan. Berikut beberapa ketentuan dan syarat KUR Super Mikro yang harus dipersiapkan sebelum Anda melakukan cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah:

  1. Usaha yang dijalankan merupakan kategori usaha mikro
  2. Lama usaha yang dijalankan calon penerima KUR Super Mikro minimal 6 bulan. Namun, untuk Anda yang usahanya masih kurang dari 6 bulan tetap bisa mengajukan pinjaman ini dengan beberapa persyaratan berikut ini:
    • Bersedia ikut program pendampingan dari pemerintah, baik itu formal atau informal
    • Bergabung dengan sebuah kelompok usaha
    • Salah satu anggota keluarga sudah punya usaha
  3. Bagi Anda yang baru saja di PHK bisa mengajukan pinjaman KUR Super Mikro meskipun usaha kurang dari 3 bulan atau masih baru memulai, asalkan calon penerima mau mengikuti syarat yang diatur pemerintah
  4. Kemudian, syarat yang terakhir adalah belum pernah menerima pinjaman KUR

Apabila semua syarat KUR sudah terpenuhi, maka anda bisa mendapatkan program pinjaman tanpa jaminan dari pemerintah.

Cara Mendapatkan BLT UMKM 2021

Bagaimana cara dapat bantuan UMKM dari pemerintah? Untuk mendapatkannya, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dari pemerintah. Bantuan BLT UMKM memang secara khusus ditujukan kepada pelaku usaha UMKM dan belum pernah mendapatkan bantuan pinjaman apapun.

Akan tetapi, bagi Anda yang sudah pernah mendapatkan bantuan dan berhasil dengan usaha yang dijalankan, maka Anda berkesempatan untuk mengikuti program KUR super mikro. Untuk Anda yang belum pernah memperoleh bantuan UMKM, maka Anda bisa mengikuti BLT UMKM 2021.

Untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM, Anda harus mempersiapkan persyaratan sesuai ketentuan dari pemerintah. Beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk mendapatkan BLT UMKM 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Penerima bantuan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Calon penerima bantuan punya usaha mikro. Hal ini dibuktikan dengan mengajukan surat usulan calon penerima dan juga surat pengusul dari BPUM
  4. Penerima bantuan bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, anggota TNI/Polri atau BUMD
  5. Calon penerima bantuan tidak sedang menerima kredit dari perbankan maupun KUR
  6. Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha mikro yang memiliki alamat KTP dan tempat usaha berbeda

Cara Mendaftar BLT UMKM

Jelaskan bagaimana langkah cara mendapatkan modal usaha? Sebenarnya, caranya sangat mudah. Jika Anda sudah menyiapkan persyaratan di atas dengan benar, maka selanjutnya ikuti beberapa langkah cara mendaftar gratis bantuan UMKM sebagai berikut:

  1. Seluruh calon penerima BPUM harus diusulkan oleh pengusul yaitu BPUM
  2. Pihak pengusul yaitu BPUM akan menyampaikan data usulan calon penerima bantuan tersebut kepada Menteri cq. Deputi penanggung jawab program BPUM akan diberikan sekaligus atau bertahap. Adapun, data-data yang dibutuhkan adalah NIK, nama lengkap, alamat, bidang usaha, dan nomor telepon
  3. Kemudian, untuk pengusul penerima bantuan modal BLT UMKM adalah:
    • UKM koperasi dan dinas koperasi yang sah dalam bagian badan hukum
    • Pihak kementerian atau sebuah lembaga
    • Pihak perbankan dan perusahaan pembiayaan lainnya yang sudah terdaftar dalam OJK

Dimana tempat pendaftaran bantuan UMKM? Perlu Anda ketahui dan ingat bahwa semua calon penerima bantuan ini harus melakukan pendaftaran di Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UMKM) pemerintah kabupaten di tempat Anda tinggal.

Selanjutnya, informasi penerimaan bantuan BLT UMKM akan diteruskan melalui SMS oleh bank penyalur dari negara. Kemudian, Anda perlu melakukan verifikasi ke bank penyalur untuk melakukan pencairan dana bantuan. Jika dana sudah cair, Anda dapat langsung memanfaatkannya sebaik mungkin.

Awal untuk mendapatkan bantuan UMKM adalah mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kemudian, cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah seperti penjelasan di atas.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>