Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Melihat bayi menangis karena hidungnya tersumbat pasti membuat Anda khawatir. Padahal, hidung tersumbat pada bayi bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, melihat sang buah hati menangis pasti akan membuat Anda sedih. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi yang Dapat Anda Lakukan

Bayi yang mengalami hidung tersumbat biasanya akan rewel dan terus menangis. Hal ini disebabkan karena bayi merasa tidak nyaman dengan keadaan hidungnya yang sulit untuk bernapas. Bahkan, tidak sedikit bayi yang nafsu makannya menurun karena mengalami hidung tersumbat.

Hal itulah yang akhirnya membuat para ibu merasa khawatir akan hidung tersumbat yang dapat mengganggu gizi dan kesehatan bayi lainnya. Supaya bayi merasa nyaman dan nafsu makannya kembali naik, sebaiknya Anda mengetahui cara untuk menyembuhkan hidung tersumbat.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika hidung bayi tersumbat? Berikut ini daftarnya:

1. Membersihkan Hidung dari Ingus dan Lendir

Salah satu penyebab hidung tersumbat tapi tidak ada ingus pada anak bayi adalah adanya ingus atau lendir yang mengering. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan ingus maupun lendir yang ada pada hidung bayi.

Anda bisa menggunakan cotton buds atau kain yang telah dibasahi dengan air hangat agar lebih mudah membersihkan kerak-kerak yang ada di dalam hidung. Sebaiknya, bersihkan hidung bayi saat mereka tidur agar lebih mudah dan untuk menghindari pergerakan bayi.

2. Lakukan Uap Air pada Hidung Bayi

Jika hidung bayi masih memiliki lendir yang berkerak, Anda bisa menggunakan uap air. Uap air berfungsi untuk mengencerkan lendir-lendir yang bersarang di hidung bayi dan membuat saluran hidung menjadi lancar.

Untuk melakukannya, Anda bisa merebus air hingga mendidih, kemudian menggendong bayi di sebelah air yang telah mendidih tersebut. Selain itu, jika Anda memiliki hot water di kamar mandi, maka Anda bisa membawa bayi ke dalam kamar mandi dan menyalakan keran air panas.

3. Menggunakan Humidifier atau Vaporizer

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan meletakkan humidifier dalam ruang tidur bayi. Adanya humidifier ini akan membuat kelembaban udara lebih tinggi. Jadi, hidung bayi tidak akan mudah tersumbat.

4. Berikan Obat Tetes Hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya adalah menggunakan obat tetes hidung. Obat tetes hidung atau nasal sudah terbukti manfaatnya. Menurut laman Nationwide Children’s Hospital, ada alternatif lain dari obat oral yang baik diberikan pada anak, yaitu nasal drop yang memiliki kandungan oxymetazoline 0.25 mg.

Berdasarkan laman-laman U.S. National Library of Medicine, oxymetazoline berfungsi untuk meringankan hidung tersumbat yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti alergi, rhinitis akut, dan sinus.

Berikut ini cara memberikan obat tetes hidung atau nasal drop pada bayi:

  • Posisikan bayi tegak lurus
  • Teteskan 2-3 tetes obat pada kedua lubang hidung
  • Baringkan bayi dengan posisi kepala lebih rendah dari tubuh selama 1 menit
  • Setelah lendir mencair, Anda bisa menariknya dengan aspirator hidung

5. Gunakan Bulb Syringe untuk Menyedot Ingus Bayi

Apakah Anda sudah mencoba keempat cara di atas, tapi tetap tidak berhasil? Saat lendir tak kunjung keluar, Anda bisa menggunakan bulb syringe untuk menyedot ingus pada bayi.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memencet bagian yang menggembung pada bulb syringe. Setelah itu, masukkan pipet ke dalam lubang hidung bayi dan lepaskan bagian yang menggembung. Saat ingus tersedot ke dalam alat, tarik alat secara perlahan.

Pastikan anak Anda berumur di bawah 6 bulan. Pasalnya, alat ini hanya dapat digunakan untuk anak di bawah 6 bulan saja.

6. Tepuk Punggung Bayi dan Atur Posisi Tidurnya

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi lainnya adalah dengan menepuk punggung bayi secara perlahan. Saat tidur, posisikan bayi dalam keadaan tengkurap dan tepuk punggungnya secara perlahan. Cara yang satu ini dapat memudahkan lendir untuk keluar dari hidung.

Untuk membuat bayi lebih nyaman dan bernapas dengan baik, Anda bisa menidurkan bayi dalam posisi kepala lebih tinggi. Dengan begitu, bayi bisa lebih mudah bernapas.

7. Jemur Bayi di Pagi Hari

Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk membuat lendir hidung menjadi cair. Oleh karena itu, Anda bisa menjemur bayi di pagi hari. Selain dapat mengatasi hidung tersumbat, sinar matahari juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan imunitas tubuh.

Penyebab Hidung Bayi Tersumbat

Biasanya, kondisi hidung yang tersumbat ini dialami oleh anak usia 2 tahun ke bawah yang belum bisa berbicara. Kemudian, mereka akan rewel dan terus menangis, sehingga membuat para ibu menjadi khawatir dan tidak tenang di malam hari.

Setelah itu, para ibu mulai bertanya-tanya, “Kenapa hidung anak bayi seperti tersumbat?”, “Kenapa hidung bayi tersumbat tapi tidak pilek?”, dan pertanyaan lainnya seputar hidung yang tersumbat. Jadi, apa penyebab hidung bayi bisa tersumbat?

Pada umumnya, hidung akan tersumbat jika ada banyak cairan yang terdapat dalam hidung. Adapun, hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan hidung bayi sampai tersumbat:

  1. Alergi, bayi yang berkontak dengan alergen akan memberikan tanda alergi berupa hidung tersumbat
  2. Bayi sering menghirup asap kendaraan dan asap rokok. Bayi memang sangat rentan terhadap asap, maka dari itu, sebaiknya jauhkan bayi dari segala jenis asap yang dapat mengganggunya untuk menghirup napas dan udara segar
  3. Infeksi dari virus yang menyebabkan demam (common cold). Hidung tersumbat juga bisa menjadi tanda flu atau infeksi lainnya
  4. Bayi memiliki sinusitis. Hidung tersumbat bisa menjadi gejala awal sinusitis. Jika, bayi mengalami hidung tersumbat dalam waktu yang lama dan tak kunjung sembuh, maka sebaiknya bawa bayi ke rumah sakit
  5. Lingkungan udara yang kering. Udara yang kering juga bisa menjadi penyebabnya karena udara akan membuat rongga hidung menjadi kering, sehingga bayi sulit untuk bernapas

Berikut semua informasi mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi hingga apa saja penyebabnya. Walaupun hidung tersumbat termasuk lumrah dan wajar, tetapi jika terjadi dalam waktu lama sebaiknya dikonsultasikan ke dokter. Jangan sampai bayi Anda terlambat mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
>