Insomnia: Penyebab & Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Insomnia: Penyebab & Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Beberapa orang mengalami masalah susah tidur hampir setiap malam. Sudah berbaring di atas kasur dan mematikan lampu, tetapi pikiran masih terus terjaga. Hal ini berlangsung selama beberapa hari sehingga membuat kesehatan jadi menurun. Lalu, bagaimana cara mengatasi susah tidur dan gelisah?

Setiap orang membutuhkan waktu untuk tidur mengistirahatkan tubuh. Tidur berguna untuk me-recharge energi yang telah digunakan. Namun, beberapa orang mengalami masalah pada pola tidurnya. Lalu, Apa penyebab susah tidur dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Insomnia Atau Susah Tidur Pada Malam Hari

Insomnia atau susah tidur menjadi hal yang sangat tidak mengenakan, bukan? Bagaimana tidak, waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat jadi tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Beberapa faktor dapat mempengaruhi pola tidur Anda, apa saja? Simak pemaparannya di bawah ini.

1. Tidur Siang yang Terlalu Lama

Tidur siang yang terlalu lama menjadi salah satu sebab sulit tidur di malam hari. Tidur siang memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidur siang bisa mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya ingat. Namun, jika durasi waktu tidur berlebihan, maka akan menimbulkan efek yang justru tidak baik.

2. Minum-minuman Berkafein

Bagi Anda pecinta kopi, berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya. Kopi seakan menjadi minuman wajib para orang dewasa. Kopi masih aman untuk dikonsumsi jika masih berada dalam batas yang wajar. Penelitian menyebutkan, asupan kafein maksimal bagi orang dewasa yaitu sebanyak 400 mg per hari.

3. Bermain Gadget Sebelum Tidur

Bermain gadget sebelum tidur malam rasanya sudah menjadi rutinitas kebanyakan orang. Namun, hal ini bisa menimbulkan efek yang tidak baik jika sudah menjadi kebiasaan. Bermain gadget membuat otak Anda menjadi lebih sibuk, hal inilah yang membuat pikiran Anda terjaga dan kesulitan tidur.

4. Jadwal Tidur yang Berganti-Ganti

Jika Anda memiliki kebiasaan mengganti jam tidur, kemungkinan untuk bisa mengalami kesulitan tidur menjadi lebih besar. Para ahli menyebut kondisi ini dengan sebutan “Social jet lag”. Hal ini dapat terjadi karena Anda terus memaksa tubuh untuk tidur di jam yang berbeda-beda setiap minggunya.

5. Cemas dan Stress

Penyebab insomnia juga dapat diakibatkan karena banyak pikiran. Stress menjadi sebab umum yang membuat pikiran masih terjaga dan sulit untuk tidur dengan nyaman. Sumber stress dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya urusan kerja, teman atau pasangan, bahkan masalah di lingkungan rumah.

6. Kesehatan yang Terganggu

Berbagai masalah kesehatan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Rasa nyeri, sesak, dan perasaan tak nyaman lainnya tentu menjadi penghalang bagi Anda untuk merasakan tidur yang berkualitas. Kondisi ini dapat membuat seseorang merasa gelisah dan terjaga sampai pagi.

7. Kondisi Ruang Tidur yang Tak Mendukung

Beberapa kondisi juga bisa membuat tidur Anda menjadi sulit tidur. Beberapa hal yang dapat mempengaruhinya adalah: ruangan yang terlalu bising, cahaya yang terlalu terang, alas tidur yang kurang nyaman, atau suhu yang terlalu dingin atau panas.

Insomnia: Penyebab & Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Penyakit yang Dapat Menyebabkan Sulit Tidur

Beberapa penyakit yang diderita bisa menjadi sebab mengapa Anda mengalami sulit tidur. Lantas, gejala penyakit apa yang tidak bisa tidur?

1. GERD

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dapat terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan. GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease menyebabkan penderitanya mengalami sensasi panas pada bagian dada. Sensasi yang tak nyaman ini semakin terasa jika berada dalam posisi berbaring.

2. Diabetes

Diabetes juga dapat memicu perasaan tak nyaman ketika tidur. Umumnya, penderita diabetes mengalami kenaikan frekuensi buang air kecil dan lebih berkeringat di malam hari. Hal inilah yang menciptakan suasana tak nyaman saat hendak tidur.

3. Sinusitis

Sinusitis terjadi karena adanya sumbatan pada saluran hidung akibat pembengkakan dan infeksi. Hal ini membuat proses pernapasan menjadi terganggu. Akibat pernapasan yang tak lancar inilah, kualitas tidur penderitanya menjadi berkurang.

4. Dementia

Dementia membuat penderitanya mengalami ketidakmampuan mengingat, berinteraksi, dan kemampuan motoric yang menurun. Selain itu, penderita penyakit ini juga dapat mengalami insomnia akibat sindrom sundowning.

5. Hipertiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga dapat menjadi sebab seseorang mengalami gangguan tidur. Hal ini diakibatkan karena kelenjar tiroid dapat memberikan stimulasi pada sistem saraf. Hal ini membuat penderitanya mengalami kegelisahan dan keringat berlebih di malam hari.

Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Pada Malam Hari

Tidak bisa tidur apa solusinya? Jika Anda sedang mengalami masalah tidur ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, berikut cara-caranya.

1. Olah Napas

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan latihan pernapasan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa merasa lebih rileks. Teknik ini biasa juga disebut dengan teknik 4-7-8, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tarik napas lewat hidung dalam 4 hitungan
  • Tahan napas selama 7 detik
  • Hembuskan lewat mulut selama 8 hitungan
  • Ulangi sebanyak 3 kali.

2. Ubah Suasana Ruang Tidur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kesulitan tidur juga dapat diakibatkan oleh suasana tidur yang kurang mendukung. Anda bisa merubah suasana kamar menjadi lebih nyaman. Hal ini bisa dimulai dari meredupkan penerangan, menggunakan aromaterapi, dan mengganti alas tidur.

3. Mengurangi Konsumsi Kafein

Jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Mengurangi konsumsi kafein akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman.

4. Batasi Durasi Tidur Siang

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi durasi tidur siang. Hindari tidur di atas jam 3 sore. Durasi tidur yang disarankan yaitu selama 20 hingga 40 menit saja.

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga terbukti bisa meningkatkan kesehatan. Namun, tak hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Keadaan mental tentunya dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress.

body squat gerakan melatih keseimbangan tubuh

6. Batasi Penggunaan Gadget

Gadget bisa memancarkan blue light yang dapat memberikan efek buruk pada tubuh. Menggunakan gadget sebelum tidur dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Maka batasi penggunaan gadget, seperti HP, televisi, laptop, dan perangkat lainnya sebelum tidur.

7. Berdoa Sebelum Tidur

Menurut Islam dan agama lainnya, berdoa sebelum tidur termasuk amalan yang dianjurkan. Selain untuk menjalankan sunnah, membaca doa sebelum tidur juga dapat menjaga tidur Anda dari hal-hal buruk. Selain itu, berdoa juga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks.

8. Obat Alami

Selain menggunakan beberapa teknik di atas, mengkonsumsi beberapa obat alami juga terbukti dapat memperbaiki kualitas tidur Anda. Apa obat alami susah tidur? Anda bisa mencoba minum teh chamomile atau susu hangat sebelum tidur.

Dari usia bayi hingga lanjut usia, tidur menjadi kebutuhan yang sangat penting. Mengalami kesulitan tidur tentunya akan sangat mengganggu, bahkan menyiksa para penderitanya.

Beberapa cara mengatasi susah tidur dan gelisah di atas dapat Anda coba secara perlahan dan bertahap. Namun, jika belum merasakan adanya perubahan, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>