Terbukti! 10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Komedo adalah satu jenis masalah kulit yang sangat mengganggu yang ditandai adanya gumpalan sebum berbentuk titik hitam atau putih pada hidung, di pipi dan area wajah lain. Lalu, pakai apa biar komedo hilang? Pastikan Anda menggunakan rangkaian cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen berikut ini.

Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Beberapa dari Anda mungkin sudah sering membersihkan komedo membandel dengan baby oil maupun dengan pasta gigi herbal. Cara tersebut terbilang sangat praktis karena barangnya mudah Anda dapatkan dan cara pengaplikasiannya pada wajah juga tidak merepotkan.

Bagaimana cara membersihkan komedo di hidung dan bagian wajah yang lain secara alami? Berikut beberapa jenis bahan alami penghilang komedo yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

1. Bubuk Kopi dan Minyak Kelapa

Bahan diatas merupakan salah satu cara membersihkan komedo pada area wajah yang mudah Anda temukan di dapur sendiri. Cara pengaplikasiannya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan minyak kelapa dan bubuk kopi dengan rasio 1:1 dalam satu wadah.

Setelah itu, Anda dapat mencampurkan kedua bahan secara merata dan gunakan pada area wajah yang berkomedo. Lalu, pijat-pijat wajah Anda dengan gerakan memutar secara lembut dan perlahan. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih lima menit. Lalu bilas dengan dingin.

Untuk hasil maksimal, lakukan penggunaan tersebut secara rutin atau minimal dapat Anda aplikasikan sekali dalam sepekan. Hindari penggunaan terlalu sering karena menggosokkan bubuk kopi yang kasar ke wajah dapat menipiskan dan mengiritasi lapisan kulit wajah.

Berdasarkan lansiran kompas.com dari Medical News Today, minyak kelapa dapat digunakan sebagai pembersih wajah dari polutan yang menyumbat pori. Perpaduan bubuk kopi dan minyak kelapa dikenal cukup efektif dalam membersihkan komedo pada wajah.

2. Madu, Lemon dan Gula Pasir

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen selanjutnya adalah dengan campuran bahan alami berupa lemon, madu, dan gula pasir. Cara membuatnya pun sangat mudah karena Anda hanya perlu mencampurkan air perasan lemon dengan satu sendok madu dan sedikit gula pasir.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke area wajah yang berkomedo dan pijat dengan gerakan memutar selama satu sampai dua menit. Kemudian, bilas ramuan pada wajah tersebut dengan air bersih dan lihatlah hasilnya.

Cara ini dapat Anda terapkan sebanyak satu kali dalam sepekan untuk hasil maksimal dan wajah bersih setiap saat. Jangan terlalu sering menggosokkan gula pasir ke wajah Anda karena butirannya yang kasar akan sangat mudah melukai kulit wajah Anda.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen berikutnya adalah dengan pengaplikasian masker alami pada area wajah khususnya yang berkomedo. Masker apa untuk menghilangkan komedo? Anda dapat gunakan gel lidah buaya untuk atasi masalah kulit berkomedo tersebut.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen lidah buaya

Gel lidah buaya alami mengandung antioksidan dan aloin yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit dan wajah. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi masalah komedo pada wajah maupun area kulit di bagian tubuh lainnya.

Cara pengaplikasiannya adalah, Anda dapat memetik lidah buaya di pekarangan rumah, kemudian belah dan ambil gel dari daging lidah buaya tersebut. Oleskan pada seluruh bagian wajah terutama untuk area yang berkomedo. Tunggu beberapa saat sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

4. Putih Telur

Untuk mengatasi masalah komedo secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pore pack berbahan putih telur. Jadi Anda tak perlu selalu membeli produk pore pack di luaran sana. Caranya adalah dengan menggunakan putih telur dengan selembar tipis tisu.

Anda dapat mengoleskan putih telur ke bagian wajah yang berkomedo, lalu tempelkan lembaran tipis tisu pada area yang diolesi tersebut. Setelah tisu menempel dengan rapi, langkah selanjutnya adalah oleskan kembali putih telur pada seluruh permukaan tisu sampai merata.

Jika sudah, diamkan lapisan pengangkat komedo tersebut sampai kaku dan mengering. Setelah itu, angkat pore pack putih telur tersebut secara perlahan dan lihatlah komedo-komedo yang terangkat disana.

Putih telur selain dikenal ampuh dalam mengangkat komedo, juga dapat membuat wajah Anda tampak lebih bersih, cerah dan lebih kencang secara efektif. Cara pembuatan ramuan untuk hasil ini adalah dengan mencampurkan putih telur dan sedikit air perasan lemon.

Oleskan campuran tersebut ke seluruh area wajah lalu diamkan sejenak selama lima menit atau sampai putih telur mengering dan kaku. Setelah itu, pijat wajah Anda secara perlahan sampai lapisan masker ini rontok seluruhnya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan pengaplikasian putih telur pada wajah selama dua kali dalam sepekan.

5. Oatmeal dan Yoghurt

Selain enak dan menyehatkan, oatmeal ternyata juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan membersihkan komedo pada wajah. Tekstur oatmeal cenderung scrubby sehingga sangat cocok sebagai bahan eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo pada wajah.

Oatmeal juga dapat melepaskan sel kulit mati, menyejukkan kulit dan berperan sebagai anti-inflamasi yang baik untuk bahan pembersih komedo secara alami.

Untuk ramuan pengangkat komedo, Anda dapat mencampurkan oatmeal dengan yoghurt, lalu oleskan ke seluruh wajah khususnya pada area berkomedo dan pijat secara perlahan. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Memiliki komedo hitam atau blackhead memang sangat mengesalkan. Meski begitu, menghilangkan komedo dengan cara memencetnya justru akan mengundang masalah kulit lain yang lebih mengesalkan.

Apa yang terjadi jika komedo dipencet? Cara ini akan menyebabkan kulit meradang, hiperpigmentasi, membuat pori-pori semakin besar dan bentuk kerusakan kulit lainnya.

6. Es Batu dari Jeruk Nipis

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen selanjutnya adalah dengan es batu jeruk nipis. Cara membuatnya adalah rebus air perasan jeruk nipis sampai mendidih. Setelah itu, masukkan air didihan tersebut ke dalam freezer sampai membeku.

Ambil es batu jeruk nipis tersebut kemudian tekan-tekan dan oleskan pada area wajah yang berkomedo. Namun, agar hasilnya maksimal, Anda harus membersihkan wajah terlebih dulu sebelum melakukan cara ini.

7. Pepaya

Bubur Pepaya untuk menghilangkan flek hitam

Buah ini sudah lama dikenal dan sering digunakan sebagai pemberi nutrisi, pelembab, pencerah, pembersih wajah dari kotoran membandel secara alami. Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, Anda dapat membuat dan menggunakan masker buah pepaya pada area wajah maupun kulit Anda.

Selain manfaat diatas, ternyata buah pepaya juga bisa berperan sebagai tabir surya atau sunscreen alami bagi wajah.

8. Tea Tree Oil

Bahan alami ini telah lama dikenal dan digunakan sebagai pembersih kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Tea tree oil mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi yang mampu membersihkan komedo membandel penyumbat pori.

Cara penggunaannya tea tree oil sebagai penghilang komedo adalah cukup dengan mengoleskan bahan ini ke wajah Anda secara merata.

Untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat menambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa bersama tea tree oil agar kulit terasa lebih lembab.

9. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen berikutnya adalah dengan masker kulit jeruk.

Selain buahnya, kulit jeruk ternyata juga kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah termasuk masalah komedo membandel. Resep kulit jeruk yang dapat menghilangkan komedo secara efektif adalah sebagai berikut :

  1. Mengeringkan kulit jeruk lalu haluskan sampai menjadi bubuk
  2. Mengambil satu sendok makan bubuk kulit jeruk dan campurkan dengan dua sendok makan air mawar
  3. Oleskan masker pada area wajah berkomedo dan diamkan sampai masker mengering
  4. Setelah itu, pijat wajah dengan tangan basah secara lembut lalu bilas dengan air dingin dan lihat hasilnya

10. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang mengandung AHA dan asam salisilat yang penting untuk mengontrol produksi minyak, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan komedo penyumbat pori.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat membuat masker stroberi dengan campuran bahan lain. Campurkan buah stroberi halus dengan madu, lalu aplikasikan masker ini pada wajah sambil dipijat secara perlahan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan bilas pakai air hangat.

Selain dengan cara diatas, masih ada banyak jenis bahan alami pembersih komedo lainnya yang dapat Anda coba dan teliti keefektifannya. Jika Anda ingin hasil yang cepat, maka Anda dapat menggunakan produk pembersih komedo komersial yang aman dan terpercaya.

Jika Anda ingin hasil dan cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen, maka gunakan bahan pengangkat komedo alami dan aplikasikan secara rutin.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>