Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Cantengan di Kuku

Cara Mengobati Cantengan

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Cantengan atau paronikia merupakan infeksi jaringan yang sering terjadi pada kuku tangan dan jempol kaki. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh iritasi atau cedera, seperti kerusakan kutikula, bintil kuku, atau tangan yang lembab. Cara mengobati cantengan juga cukup bervariasi dan mudah dilakukan.

Apa Penyebab Cantengan?

Secara umum, cantengan memang tidak menimbulkan bahaya atau dampak yang serius selama Anda tidak memiliki penyakit diabetes atau gangguan aliran darah. Akan tetapi, cantengan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat menggerakkan area yang terluka.

Infeksi jaringan ini memang cukup umum terjadi. Buktinya, Mitra Keluarga melaporkan bahwa ada lebih dari 150 ribu kasus cantengan per tahunnya di Indonesia. Lantas, apa penyebab cantengan? Berikut jawabannya:

  1. Mengalami cedera pada kuku akibat tertimpa benda berat, tersandung, atau tertekan berulang kali
  2. Bentuk kuku tidak biasa, misalnya melengkung dan tumbuh ke arah dalam, sehingga menusuk bagian daging di sekitar kuku
  3. Bagian kuku terinfeksi jamur
  4. Kesalahan saat memotong kuku, seperti menembus bagian pinggir atau memotongnya terlalu pendek
  5. Iritasi kimiawi setelah manikur
  6. Masalah kesehatan lain, seperti diabetes
  7. Minimnya kebersihan kuku
  8. Area kuku lembab atau basah
  9. Khusus cantengan pada kuku kaki, umumnya disebabkan karena penggunaan sepatu yang terlalu sempit

Apa Gejala Cantengan?

Jawaban dari pertanyaan ‘apakah cantengan bisa sembuh sendiri?’ tidak bisa disimpulkan secara langsung. Jika gejala yang dialami tidak terlalu parah, maka kemungkinan cantengan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-3 hari.

Namun, bila gejala sudah sangat parah, Anda perlu memberi obat atau melakukan beberapa cara mengobati cantengan secara medis agar tidak terjadi hal-hal yang fatal. Adapun, beberapa gejala cantengan adalah sebagai berikut:

  1. Bagian kuku yang mengalami cantengan akan terasa nyeri saat mendapat tekanan atau disentuh
  2. Terdapat cairan di area kuku yang terkena cantengan
  3. Keluar nanah arau darah dari kulit dekat cantengan
  4. Kulit di sekitar kuku memerah, mengeras, dan membengkak

Apakah Nanah Cantengan Harus Dikeluarkan?

Keluarnya nanah dan darah dapat menjadi pertanda bahwa cantengan sudah ke tahap yang lebih serius atau mengalami infeksi. Bila area cantengan sudah bernanah, sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Untuk mengeluarkan nanah pada cantengan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Kompres luka dengan air hangat menggunakan kain yang lembut
  2. Jaga luka cantengan agar tetap berada dalam kondisi yang kering
  3. Jangan paksakan nanah untuk keluar dari kuku dengan menekannya
  4. Olesi area yang bernanah dengan salep antibiotik

cara mengobati cantengan pada jempol kaki

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Cantengan?

Bila Anda sudah terlanjur mengalami cantengan, apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa cara mengobati cantengan yang sudah bengkak secara alami:

1. Menggunakan Air Sabun

Pertama, Anda dapat mengobati cantengan dengan merendamnya menggunakan air sabun. Cara ini dapat menghambat peradangan dan infeksi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan air sabun yang bersuhu hangat.

Perlu Anda ketahui, sabun memiliki sifat antibakteri, sehingga berbagai infeksi dapat dihambat. Dalam satu hari, sebaiknya lakukan perendaman selama 20 menit sebanyak 3 kali sehari.

2. Menggunakan Air Garam

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan air garam. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan jenis epsom atau garam inggris. Cara yang satu ini terbukti sangat aman dan efektif.

Pertama, siapkan ember yang berisi air untuk merendam area kuku yang mengalami cantengan. Setelah itu, masukkan garam inggris secukupnya dan tunggu hingga larut.

Baca:
Khasiat & Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Garam

Jika sudah, Anda dapat langsung merendam bagian cantengan. Ketika merendam kaki, Anda akan merasa perih karena reaksi pemusnahan bakteri. Namun, tenang saja. Perih merupakan reaksi paling wajar dari metode ini.

3. Menggunakan Lemon

Ternyata, Anda dapat menyembuhkan cantengan menggunakan lemon. Anda hanya perlu mengiris lemon setipis mungkin, kemudian menempelkannya secara langsung di area cantengan.

Lalu, ikat menggunakan perban dan biarkan lemon menempel di area cantengan selama satu malam. Metode ini memang cukup menyakitkan dan menimbulkan reaksi perih. Namun, sifat asam dari lemon dapat menyembuhkan infeksi dengan cepat.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara mengobati cantengan selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan dapur yang satu ini diyakini mampu meringankan gejala cantengan serta meminimalisir pertumbuhan bakteri. Baking soda akan bekerja dengan cara mempengaruhi pH asam di sekitar area kuku.

Untuk menghilangkan cantengan pada kuku, Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke bagian kuku yang terinfeksi. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat melakukan cara ini dua sampai tiga kali sehari.

5. Menggunakan Cuka Apel

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan cuka apel sebagai antiseptik alami untuk mengatasi cantengan. Cuka apel mengandung antibakteri dan antimikroba, sehingga dapat membasmi bakteri yang menyebabkan cantengan.

Anda hanya perlu menyiapkan kapas, kemudian mencelupkannya ke dalam cuka apel. Setelah itu, aplikasikan ke area kuku yang mengalami cantengan. Meskipun sedikit perih, cara ini terbukti ampuh dan aman.

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara menyembuhkan cantengan dengan minyak kayu putih sudah bukan rahasia lagi. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti kapas, minyak kayu putih, handuk, dan air hangat.

Pertama-tama, tuangkan minyak kayu putih secukupnya ke kapas. Setelah itu, Anda dapat langsung mengaplikasikannya ke area kuku yang terkena cantengan. Kemudian, tunggu beberapa saat dan rendam kaki ke dalam air hangat. Terakhir, keringkan menggunakan handuk bersih.

7. Menggunakan Kunyit

Cara mengobati cantengan yang terakhir adalah dengan menggunakan kunyit. Sebagai salah satu rempah-rempah, kunyit ternyata memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri dan peradangan akibat cantengan.

Metode ini memang akan meninggalkan sedikit bekas berwarna kuning. Akan tetapi, cara ini diyakini sangat aman dan ampuh. Selain itu, caranya juga sangat mudah.

Anda hanya perlu memarut kunyit, kemudian panaskan menggunakan api sedang. Setelah itu, oleskan pada bagian kuku yang mengalami cantengan. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan setidaknya dua kali sehari.

cara mengobati cantengan kuku jempol tangan

Apa Obat Cantengan di Jari Tangan?

Jika cantengan yang Anda alami tak kunjung sembuh, Anda dapat membeli obat medis yang dijual di apotek. Namun, sebaiknya jangan sembarangan dalam membeli obat. Berikut rekomendasi obat cantengan yang paling ampuh:

1. Garamycin

Obat yang pertama adalah garamycin. Salep ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko obat atau apotek. Selain cantengan, garamycin dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Perlu diketahui, obat ini hanya dapat digunakan untuk pemakaian di luar tubuh. Anda perlu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Garamycin dapat dioleskan dengan dosis 3 sampai 4 kali sehari.

Ketika menggunakan obat ini, sebaiknya hindari aktivitas di bawah terik mentari karena dapat membakar kulit. Tak hanya itu, obat ini juga sebaiknya tidak digunakan untuk jangka panjang.

Di apotek, garamycin dijual dalam berbagai variasi ukuran. Meskipun sangat efektif, salep ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp295.000.

2. Emtrix

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan emtrix. Obat yang satu ini berbentuk cairan bening topikal non-steril. Anda bisa membeli obat ini di apotek tanpa resep dokter.

Kandungan sodium hydroxide acid, lactic, urea, dan propylene glycol sangat efektif untuk meredakan nyeri. Selain itu, emtrix juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri maupun jamur pada kuku.

Penggunaan obat ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya ke bagian kuku yang mengalami cantengan saat malam hari. Tenang saja, obat ini sudah terbukti aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui. Anda bisa membeli salep ini seharga Rp180.600 sampai Rp225.000.

3. Salep 2-4

Cara mengobati cantengan dengan salep 2-4 sepertinya sudah menjadi rahasia umum. Fungsi utama dari salep 2-4 adalah untuk membunuh bakteri yang menyebabkan permasalahan kulit.

Dengan kandungan acid sebanyak 2% dan sulfur 4%, salep 2-4 terbukti ampuh dalam menyembuhkan cantengan. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan salep pada kuku, kemudian mendiamkannya sampai meresap.

Perlu Anda ketahui, salep ini bisa menimbulkan efek samping berupa kulit kering dan iritasi. Namun, tak perlu khawatir karena efek samping hanya akan timbul jika salep tidak cocok di kulit Anda. Salep 2-4 bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000 sampai Rp50.000.

4. Sagestam

Obat yang terakhir adalah sagestam. Selain cantengan, sagestam juga dapat mengobati berbagai permasalah kulit. Apalagi, salep ini bisa Anda temukan di apotek dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp13.000 sampai Rp17.000 saja.

Selain itu, penggunaan obat ini juga sangat fleksibel. Anda bisa menggunakannya di pagi maupun malam hari. Ketika Anda menggunakan salep, sebaiknya kurangi aktivitas yang menimbulkan goresan atau gesekan pada kuku.

Untuk pemakaiannya dalam satu hari, Anda bisa menggunakannya sebanyak 3 hingga 4 kali. Menggunakan salep ini saat Anda beristirahat akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Jika mengalami cantengan, sebaiknya segera lakukan beberapa cara mengobati cantengan yang sudah dijelaskan di atas. Sebaiknya, jangan menganggap remeh cantengan karena dapat berakibat fatal jika dibiarkan terlalu lama.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>