7 Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian dan Cara Mencairkannya

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Investasi emas seringkali masyarakat gunakan sebagai tabungan masa depan. Apa keuntungan investasi emas? Karena nilai emas sangat stabil dan tahan inflasi. Salah satu cara untuk investasi emas adalah dengan mencari keuntungan menabung emas di Pegadaian.

Apa untungnya menabung emas di Pegadaian? Anda dapat segera menemukan jawaban serta informasi tambahan lainnya pada uraian singkat berikut ini.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Kapan waktu yang tepat menabung emas di Pegadaian? Anda dapat melakukan investasi emas sekarang juga karena lebih cepat lebih baik. Membuka tabungan emas sebagai jalan investasi di Pegadaian memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut :

1. Harga Emas Terus Naik

Jika menabung uang tidak akan membuat nilainya bertambah, maka menabung emas beda ceritanya. Jika melakukan investasi berupa saham nilainya tidak pasti, fluktuatif, dan resikonya sangat tinggi, maka investasi emas nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu.

Logam mulia emas ini sangat cocok sebagai aset investasi jangka panjang dikarenakan harga emas tergantung bagaimana nilai emas tersebut. Pada tahun 2016 lalu, harga emas bahkan pernah mengalami kenaikan sebesar 18 persen hanya berjarak dari bulan Januari sampai Agustus.

Baca: Contoh investas jangka pendek yang menguntungkan dan minim resiko 

2. Emas Bersifat Mudah Dipindahkan

Emas merupakan benda yang mudah dibawa, dibentuk, dan dipindahkan. Tidak seperti bentuk uang tunai yang jumlah volumenya lebih besar dan merepotkan jika ingin memindahkannya, maka Anda tidak perlu ribet untuk memindahkan emas.

Akan jauh lebih mudah memindahkan emas seharga 100 juta rupiah dibanding dengan memindahkan uang tunai dengan jumlah yang sama.

Faktanya, emas memiliki volume yang jauh lebih kecil tapi nilainya tetap sama. Dengan kata lain, harga emas tidak dihitung berdasarkan ukuran, bobot maupun bentuk. Selagi nilainya sama, baik dalam wujud apapun harga emas juga bergantung pada seberapa berharga nilai tersebut.

Misalnya jika Anda hendak mengubah emas batang menjadi sebuah cincin apakah harga dan nilai emasnya akan berkurang? Tentu saja tidak.

3. Minim Resiko

Melakukan investasi saham sangat berisiko terhadap kerugian karena nilai saham yang cenderung fluktuatif. Sementara menabung uang di bank akan banyak dibebankan pada biaya-biaya tambahan seperti biaya admin (biaya administrasi).

Berbeda halnya dengan melakukan investasi atau menabung emas. Salah satu keuntungan menabung emas di Pegadaian selanjutnya adalah adalah rendahnya risiko pengikisan atau pengurangan harga emas, karena biaya pengelolaannya sendiri juga ringan.

Selama Anda menabung emas, nilainya cenderung stabil dan bahkan terus meningkat harganya. Jadi Anda tak perlu menanggung risiko kerugian diatas jika sudah punya tabungan emas sebagai bekal masa depan.

Apalagi di tempat tersebut telah dikelola oleh sumber daya manusia yang profesional serta transparansi kebijakannya jelas.

4. Mudah Ditemukan

Ketika Anda hendak menabung emas di Pegadaian, Anda tak perlu khawatir mengenai sulitnya mencari outlet. Sebab outlet Pegadaian itu sendiri memang sudah banyak tersebar di berbagai daerah di sekitar Anda.

Tak hanya itu, Pegadaian juga memiliki layanan Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, dan marketplace.

5. Harga Jual dan Beli Emas Kompetitif

Meski dikatakan stabil, harga nilai emas juga pernah dan akan mengalami penurunan dan peningkatan pada suatu waktu sebelumnya dan waktu yang akan datang. Anda dapat membeli emas sebagai tabungan ketika harga jualnya sedang turun atau rendah.

Anda juga dapat menjual atau mencairkan tabungan emas Anda ke dalam bentuk tunai jika harga belinya cenderung naik dari harga biasanya.

Biasanya untuk cek perkembangan harga emas dapat dilakukan melalui platform Pegadaian dan Antam. Antam vs Pegadaian ini memang sering bersaing dengan harga emas untuk transaksi investasi emas.

6. Emas yang Digunakan Murni

Keuntungan menabung emas di Pegadaian selanjutnya adalah karatase emasnya adalah 24 karat. Sehingga lebih murni dan nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan emas non 24 karat dengan bobot yang sama.

7. Mudah Dicairkan

Emas memiliki likuiditas tinggi sehingga sifatnya sangat mudah dicairkan. Jadi, ketika Anda sedang membutuhkan dana cepat, pencairan emas menjadi uang tunai ini akan sangat membantu menjawab masalah darurat dengan segera.

Hal ini lah salah satu keuntungan menabung atau investasi emas sebagai pembeda dari investasi benda berharga lainnya.

Nabung emas di Pegadaian minimal berapa? Dilansir dari pengalaman seseorang menabung emas di Pegadaian dalam artikel Duwitmu.com, Anda dapat menabung emas dengan aman melalui aplikasi Pegadaian digital mulai dengan harga Rp 5 ribu.

Sedangkan jika Anda ingin melakukan top up tabungan emas, dapat dilakukan dengan minimal sebesar 0,01 gram atau seharga Rp 50.000 dan maksimal top up adalah sebesar Rp 10 juta per harinya. Hal ini tentu sesuai dengan hukum atau aturan yang berlaku disana.

Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Keuntungan menabung emas di Pegadaian adalah mudah dicairkan. Ada 2 opsi pencairan tabungan yang dapat Anda lakukan yakni antara lain :

1. Menjual Emas Kembali kepada Pihak Pegadaian

Salah satu cara mencairkan tabungan emas menjadi uang tunai adalah dengan menjualkan emas Anda kembali kepada pihak Pegadaian. Cara ini sangat cocok bagi siapapun yang sedang butuh uang tunai dengan cepat dan sudah memiliki tabungan emas sebelumnya.

Harga yang Anda dapatkan akan sama dengan harga emas di pasaran. Syarat mencairkan tabungan emas menjadi uang tunai ini adalah saldo emas Anda minimal harus sudah senilai dengan harga emas seberat 1 gram.

Pastikan untuk cek dan tahu cara cek saldo tabungan emas terlebih dahulu sebelum mencairkan tabungan emas milik Anda.

2. Mencetak Tabungan Emas menjadi Emas Sungguhan

Cara mencairkan tabungan emas selanjutnya adalah dengan memohon pengajuan cetak emas sungguhan atau emas fisik kepada pihak Pegadaian. Ada beberapa opsi bobot emas yang dapat Anda pilih.

Pilihan bobot tersebut antara lain : 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, sampai dengan 100 gram. Proses pengajuannya dapat dilakukan di outlet Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital. Biaya cetak emas fisik sesuai dengan berat emas yang Anda pilih.

Setelah itu, emas fisik nantinya akan pihak Pegadaian kirimkan kepada Anda setelah berhasil dicetak.

Cara Cek Saldo Tabungan Emas di Pegadaian

Jika Anda penasaran dengan saldo tabungan emas Anda di Pegadaian, pengecekannya kini dapat dilakukan secara online melalui bmi.pegadaian.co.id.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke outlet Pegadaian di sekitar domisili Anda. Cara cek saldo tabungan emas disini sangatlah mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah pengecekannya sebagai berikut :

  1. Kunjungi website bmi.pegadaian.co.id, bisa melalui ponsel atau desktop komputer
  2. Masukkan nomor rekening tabungan dan nomor validasi
  3. Setelah memasukkan nomor rekening tabungan emas dan validasi dengan benar, selanjutnya pilih opsi cek saldo
  4. Setelah itu, akan muncul informasi saldo tabungan emas terkini milik Anda

Berkat sistem digital yang berbasis online, segala prosesnya jadi lebih praktis dan mudah ya. Jadi, setelah Anda melihat keuntungan menabung emas di Pegadaian pada uraian singkat diatas, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi emas? Pilihan ada di tangan Anda.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>