Catat! 8 Manfaat Buah Zuriat Untuk Promil dan Kesehatan

Manfaat Buah Zuriat

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Buah yang dikenal dengan nama buah Adam dan Hawa ini memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan, manfaat buah zuriat juga berguna untuk kesuburan. Maka, tak heran jika banyak orang yang mencarinya sebagai buah pendamping selama melakukan program hamil.

Hyphaene thebaica atau buah zuriat adalah buah yang berasal dari daerah Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan Mesir. Walaupun berasal dari Negeri 1001 malam, Anda pasti sudah sering melihatnya di pasaran Indonesia. Cari tahu manfaat dan kandungan gizi dari buah zuriat pada artikel berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Zuriat

Buah zuriat dengan nama latin Hyphaene thebaica ini memang memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Berikut ini daftar kandungan gizi yang akan Anda temukan dalam satu buah zuriat:

  • Kalium : 171.60 mg
  • Kalsium : 144 miligram (mg)
  • Protein : 3.9 gram
  • Lemak : 6.4 gram
  • Magnesium : 131.35 mg
  • Natrium : 153.92 mg
  • Serat : 41.9 gram
  • Zat besi : 168.87 mg

Manfaat Buah Zuriat

8 Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan dan Kesuburan

Pertanyaan seperti “Apa sajakah manfaat buah zuriat?”, “Apakah buah zuriat bisa membuat hamil?” mungkin sering disebutkan. Berikut ini delapan manfaat dari buah zuriat yang harus Anda ketahui:

1. Sumber Antioksidan

Manfaat buah zuriat yang paling terkenal adalah sebagai penangkal radiasi atau sumber antioksidan. Kandungan zat polifenol yang cukup tinggi di dalamnya akan mencegah terjadinya reaksi stres oksidatif yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan.

Baca:
Khasiat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Reaksi stres oksidatif adalah keadaan dimana adanya ketidakseimbangan antara oksidan dan antioksidan. Ketidakseimbangan ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pada tubuh. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah zuriat untuk mengatasinya.

2. Menjaga Kolesterol dan Tekanan Darah Tetap Stabil

Kandungan senyawa flavonoid dan zat saponin yang berada dalam buah zuriat dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Tipe senyawa polifenol yang terkandung dalam buah zuriat dapat mengurangi tekanan darah sistolik (keadaan ketika otot jantung berkontraksi) dan tekanan darah diastolik (keadaan ketika otot jantung rileks) ke tekanan normalnya.

Ekstrak buah zuriat juga bisa menurunkan kolesterol jahat seperti LHL sekaligus menaikkan kolesterol yang baik seperti HDL. Dalam penelitian yang sama, The Internet Journal of Alternative Medicine pada tahun 2008 menghasilkan data yang menyatakan bahwa ada penurunan signifikan pada kolesterol total, trigliserida, dan LDL bagi orang yang mengonsumsi buah zuriat.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Pria yang mengonsumsi buah zuriat akan memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Kenapa? Karena saat pria mengonsumsi buah zuriat, buah ini akan menjaga kesehatan dan meningkatkan kesuburan dari pria tersebut.

Menurut sebuah penelitian yang dilaksanakan dan dimuat oleh Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, buah yang berasal dari Mesir ini mempunyai efek bioaktif yang dapat meningkatkan kesuburan pria.

Dalam penelitian tersebut, ekstrak buah zuriat memperlihatkan kemampuan untuk mendukung pergerakan sperma yang akhirnya memicu naiknya tingkat kesuburan dari sperma tersebut. Kesuburan yang bagus ini nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas sperma yang bagus juga.

Maka, dapat dikatakan jika buah zuriat bisa membantu Anda dalam menjaga kualitas sperma. Oleh karena itulah, banyak pasangan suami istri yang mencari buah yang satu ini agar segera mendapatkan anak.

4. Menjaga Kandungan Tetap Sehat

Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah menjaga kondisi kesehatan janin agar tetap sehat. Buah zuriat memiliki kandungan folat yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan janin.

Kandungan asam folat yang ada di dalam buah zuriat juga berguna untuk mencegah adanya risiko kelainan saraf pada bayi yang menyebabkan bayi lahir cacat. Bahkan, buah zuriat juga berguna untuk meminimalisir risiko keguguran.

Baca:
Manfaat Madu Untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang disarankan untuk mengonsumsi buah zuriat guna menjaga kesehatan calon buah hatinya hingga proses persalinan tiba.

Bagi Anda ingin mendapatkan manfaat ini, Anda harus mengonsumsi buah zuriat secara rutin selama kurang lebih satu bulan dua minggu atau 44 hari. Konsumsi buah zuriat harus dilakukan oleh istri dan suami untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Memiliki Kemampuan Melawan Kanker

Kadar antioksidan yang tinggi pada buah zuriat juga memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Penelitian yang dimuat dalam African Journal of Pure and Applied Chemistry menyebut bahwa terdapat penurunan aktivitas tumor pada ekstrak buah zuriat.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap sel leukemia myeloid akut. Bahkan, ada sel tumor yang mati juga mengalami peningkatan setelah diberikan konsentrasi ekstrak zuriat.

6. Menjaga Berat Badan

Buah zuriat memiliki kandungan saponin yang tidak hanya baik untuk tekanan darah, tapi juga memiliki kemampuan untuk menjaga berat badan. Hal ini tidak terlepas dari sifat glukosa rendah pada zat saponin yang membuatnya dapat menjaga gula darah dari kenaikan yang tinggi.

Zat saponin juga meminimalisir pengeluaran enzim lipase yang bertugas dalam pengolahan lemak, sehingga tubuh menyerap lemak lebih sedikit dari biasanya. Selain itu, buah zuriat juga memiliki serat yang tinggi, dimana serat ini tidak mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Baca:
Bunga Saffron Untuk Menekan Nafsu Makan

Dengan begitu, orang yang mengonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, mengonsumsi buah zuriat baik bagi Anda yang sedang melakukan diet.

7. Melancarkan Pencernaan

Buah zuriat memiliki kandungan serat hingga 22% dalam setiap buahnya. Hal ini menunjukkan bahwa kadar serat dalam buah zuriat ini cukup tinggi. Jadi, mengonsumsi buah zuriat secara rutin akan membuat pencernaan Anda lancar dan jauh dari sakit sembelit.

8. Meningkatkan Imunitas

Senyawa saponin yang terdapat dalam buah zuriat ini memiliki banyak manfaat. Selain berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, zat saponin juga berguna untuk meningkatkan imunitas.

Pasalnya, zat saponin tersebut akan menstimulasi produksi sel T yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun. Hal ini juga menyebabkan zat saponin sering digunakan dalam pembuatan vaksin.

4 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Gimana cara mengonsumsi buah zuriat? Berapa lama minum zuriat untuk promil? Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah zuriat, Anda harus mengonsumsinya dengan benar. Berikut beberapa cara untuk mengonsumsi buah unik dengan rasa seperti jahe ini:

1. Memakan Buah Zuriat Langsung

Cara mengonsumsi buah zuriat yang paling sederhana adalah dengan memakannya secara langsung. Biasanya, Anda akan memakan buah saat buahnya sudah matang. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada buah zuriat.

Anda harus mengonsumsi buah dengan banyak manfaat ini saat masih dalam kondisi mentah. Pasalnya, saat buah zuriat matang, Anda akan lebih sulit untuk mengonsumsinya. Jika, buah zuriat milik Anda terlanjur matang, maka Anda bisa mencampurkannya dengan masakan lain.

2. Menghaluskan Buah Zuriat

Cara mengonsumsi buah zuriat selanjutnya adalah dengan menghaluskannya menggunakan palu hingga menjadi serbuk. Nantinya, serbuk ini bisa Anda campurkan bersama minuman, seperti susu dan teh. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan adonan kue.

3. Merebus Buah Zuriat

Jika Anda lebih suka mengonsumsi buah zuriat ini dengan cara meminumnya, maka Anda dapat merebus buah zuriat. Cara merebus buah zuriat ini sangat mudah.

Anda hanya perlu menambahkan enam gelas air dan rebus hingga warna air berubah menjadi kecoklatan. Anda bisa meminum air rebusan ini dua hari sekali, misalnya pada pagi dan malam hari. Anda bisa meminum air rebusan buah zuriat ini dua hingga tiga kali.

4. Merebus dengan Biji dan Kulit Buah Zuriat

Tak hanya buahnya saja, Anda juga bisa merebus biji dan kulit buah zuriat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk melakukannya, Anda cukup mengupas dua buah zuriat dan ambil kulit beserta bijinya. Setelah itu, rebus keduanya bersamaan dengan lima gelas air. Masak hingga rebusannya mendidih dan berubah warna, angkat dan diamkan selama enam jam.

Kemudian, blender kulit buah zuriat dengan air rebusan yang telah dibuat sebelumnya. Air rebusan buah zuriat yang memiliki banyak manfaat siap untuk diminum. Sebelum meminumnya, Anda harus menyaring dan meminumnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah membaca manfaat buah zuriat untuk kesehatan tubuh, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Ingatlah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus mengonsumsinya secara rutin dan konsisten. Akan tetapi, jangan berlebihan dalam mengonsumsi buah zuriat karena sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>