Ini 6 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Aturan Minumnya

manfaat madu untuk ibu hamil

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil tentunya akan mengusahakan asupan yang baik untuk calon bayi yang dikandungnya. Salah satunya bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi madu. Mengenai manfaat madu untuk ibu hamil ini tentunya sangat banyak.

Meskipun madu tergolong jenis makanan mentah dengan kemungkinan bisa saja mengandung bakteri, harusnya ibu hamil menepis keraguan ini. Karena dalam madu terdapat manfaat baik untuk Anda dan calon si buah hati yang penting untuk diketahui.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Madu hasil produksi lebah berupa cairan kental dengan warna coklat kekuningan dan rasanya yang manis ini, dapat menjadi asupan yang kaya akan manfaat apabila dikonsumsi ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat di antaranya:

1. Mencegah Morning Sickness

Kondisi mual dan muntah atau morning sickness wajar dialami pada masa kehamilan trimester 2. Kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap berat badan yang mengalami penurunan, sehingga juga berdampak pada janin dalam kandungan.

Namun tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, Anda bisa mencampur 2 sendok teh madu ke dalam rebusan jahe hangat. Cara ini akan membuat morning sickness yang dialami ibu hamil lebih berkurang.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Tidak sedikit dari ibu hamil yang sering mengalami masalah susah tidur. Hal ini sebenarnya wajar pada masa kehamilan, namun apabila tidak segera ditangani dapat berdampak buruk bagi kesehatan janin dan ibu hamil.

Cara mengatasi kondisi sulit tidur yang dialami ibu hamil tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan madu. Beberapa penelitian, percaya madu dapat menjaga kualitas tidur. Ibu hamil dapat mengkonsumsi ½ sendok madu saat 30 menit menjelang tidur.

3. Mencegah Anemia

Sebuah penelitian tentang efektivitas madu terhadap kenaikan kadar hemoglobin pada kehamilan trimester 3 membuktikan, rata-rata kenaikan pada kadar hemoglobin saat ibu hamil mengkonsumsi sari kurma sejumlah 0,1 gr/dL, sedangkan yang mengkonsumsi madu dapat naik hingga 0,47 gr/dL.

Ini menunjukkan bahwa, anemia pada saat hamil mampu dicegah dengan mengonsumsi madu. Selain itu, kandungan seperti magnesium dan zat besi dalam madu dapat meminimalisir terjadinya anemia pada ibu hamil yang dapat menyebabkan resiko komplikasi janin hingga kelahiran prematur.

4. Memberi Peluang Kehamilan

Bagi yang sedang menjalani program kehamilan, konsumsi madu seperti halnya merk royal jelly dan bee pollen sebelum memulai hubungan seksual mampu menambah kesuburan pasangan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat madu terkait seksualitas bagi yang sedang merencanakan kehamilan seperti merangsang hormon seksual, meningkatkan kualitas sperma, mengatur siklus menstruasi, memperkuat libido, memperbaiki kualitas sel telur dan banyak lagi.

5. Melancarkan Pembentukan ASI

Mendekati waktu kelahiran, apakah madu bagus untuk ibu hamil tua? Ya, madu sangat bagus dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dengan menambahkannya dalam makanan sehari-hari. Terlebih, madu juga dapat membantu proses pembentukan ASI.

Selain membantu dalam pembentukan ASI, manfaat madu untuk ibu hamil setelah melahirkan adalah membuat produksi ASI akan menjadi lancar sekaligus stamina ibu menyusui akan semakin bertambah.

6. Meredakan Heartburn

Nyeri yang terjadi pada ulu hati, atau dinamakan heartburn mungkin pernah dialami oleh sebagian ibu hamil. Terutama bagi yang menjalani trimester akhir kehamilan.

Maka, mengkonsumsi madu ini dipercaya dapat dijadikan pereda nyeri ulu hati karena madu dipercaya dapat menetralisir terjadinya asam lambung.

Aturan Baik Mengkonsumsi Madu untuk Ibu Hamil

Madu terdapat dalam banyak jenis, salah satunya yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini adalah madu clover honey. Bolehkah ibu hamil minum clover honey? Seperti madu kebanyakan, clover honey memiliki sejumlah manfaat yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

Madu clover honey dipercaya memiliki khasiat lebih dibanding madu kebanyakan. Madu terdiri atas banyak kandungan nutrisi penting seperti fosfor, kalium natrium, magnesium dan lain-lain. Lalu, apakah madu mengandung asam folat? Ya, asam folat sebagai vitamin penting bagi ibu hamil ini.

Namun, berapa takaran yang baik dalam mengkonsumsi madu untuk ibu hamil? Menurut aturan baiknya, ibu hamil dianjurkan untuk minum madu sebanyak 3-5 sendok per hari demi menunjang kesehatan tubuhnya selama masa kehamilan.

Semestinya manfaat madu untuk ibu hamil yang sangat baik ini patut menjadi perhatian. Terlebih, menjaga kesehatan selama masa kehamilan bagi ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan sangatlah penting.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>