Manfaat Makan Buah Anggur untuk Ibu Hamil, Cek Faktanya!

Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Asupan gizi bagi ibu hamil harus menjadi perhatian khusus. Asupan gizi yang ibu terima bisa menentukan kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Salah satu makanan bergizi yang direkomendasikan adalah buah anggur. Namun, di balik manfaatnya terdapat juga mitos mengenai buah anggur bagi ibu hamil.

Konsumsi buah bagi ibu hamil sangat dianjurkan. Berbagai macam buah mengandung berbagai vitamin dan kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan janin. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah anggur. Berikut akan dipaparkan fakta dan mitos buah anggur bagi ibu hamil.

Kandungan Gizi Buah Anggur

Selain memiliki rasa asam dan segar, buah anggur juga memiliki segudang manfaat. Nutrisi yang terkandung dalam buah anggur bermanfaat bagi tubuh. Berikut kandungan nutrisi dalam 150 gram buah anggur.

US Department of Agriculture (USDA) menyebutkan, dalam 150 gr anggur mengandung:

  • 122 gr air
  • Protein 1,09 gr
  • Karbohidrat 27,3 gr
  • Gula total 23,4 gr
  • Serat 1,36 gr
  • Kalsium 15,1 mg
  • Fosfor 30,2 mg
  • Magnesium 10,6 mg
  • Vitamin C 4,83 mg
  • Vitamin B9 3,02 mcg
  • Kalium 288 mg
  • Beta karoten 58,9 mcg

Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Buah yang kaya manfaat ini bisa menjadi asupan kaya gizi harian. Namun, banyak info sumbang yang beredar mengenai buah dengan rasa asam ini jka dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah anggur dianggap memiliki efek tidak baik untuk janin.

Baca: Cara Menghilangkan Keputihan Pada Saat Hamil

Apakah buah anggur baik untuk ibu hamil? Buah anggur memiliki kandungan asam folat, zat antioksidan, Vitamin C, zat besi, dan zat lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Manfaat buah anggur memang sangat kaya.

Lalu, Kenapa ibu hamil dilarang makan anggur? Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes gestasional dan diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah banyak. Buah anggur dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, bagi Anda yang sedang mengalami sembelit, lebih baik menghindari buah ini. Buah ini dapat memperparah kondisi konstipasi terlebih pada ibu hamil. Bagi Anda yang memiliki alergi anggur juga perlu menghindari buah yang satu ini.

Apakah hamil muda boleh makan anggur? Buah anggur juga bisa menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jangan mengkonsumsi anggur yang masih mentah karena kadar asamnya yang masih tinggi. Bagi Anda yang sedang hamil muda, sebaiknya hindari konsumsi anggur secara berlebih.

Ada banyak sekali jenis buah yang bermanfaat bagi ibu hamil dan sang jabang bayi. Buah mangga, kelengkeng, pisang, jeruk, dan salak juga memiliki kandungan gizi yang sama-sama baik bagi ibu hamil. Manfaat akan diperoleh jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat pula.

Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak hanya dilarang memakan buah anggur secara berlebihan. Di luar itu, Ibu hamil juga tidak boleh sembarang makan, karena ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Mengkonsumsi makanan yang tidak baik bagi kandungan akan menyebabkan efek bahaya bagi janin. Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil? Berikut pemaparannya.

1. Sushi

Nikmatnya sushi atau sashimi belum boleh Anda nikmati jika masih dalam masa mengandung. Makanan khas jepang yang satu ini menjadi pantangan selama masa kehamilan.

Olahan laut yang masih mentah dikhawatirkan bisa membawa parasite ke dalam tubuh Anda dan membahayakan janin. Maka dari itu, pastikan makanan olahan laut yang Anda konsumsi sudah dalam kondisi benar-benar matang.

2. Daging Merah Setengah Matang

Hampir sama halnya dengan sashimi, daging merah juga tidak baik dikonsumsi dalam keadaan belum matang sempurna. Hal ini bisa membahayakan bayi yang dikandung.

Walaupun steak nikmat dihidangkan dengan tingkat kematangan medium rare, tapi bagi ibu hamil hal ini perlu dihindari. Selalu masak daging merah dengan tingkat kematangan yang sempurna untuk menghindari risiko efek buruk bagi ibu dan janin.

3. Jeroan

Sebenarnya ibu hamil masih boleh mengkonsumsi jeroan. Namun, jeroan dalam jumlah banyak bisa membahayakan. Dalam jeroan terkandung vitamin A yang jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering justru akan menyebabkan efek yang buruk.

Jeroan seperti hati sapi, hati ayam, dan jantung ayam masih boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Asalkan porsinya pas dan tidak berlebihan.

4. Kafein

Kafein menjadi senyawa yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Kandungan kafein umum dijumpai pada minuman kopi dan teh.

Minuman yang mengandung kafein akan menimbulkan efek yang buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika hal ini terjadi, kafein dapat mengakibatkan gangguan detak jantung bayi dalam kandungan.

5. Fast food

Makanan cepat saji memang tak pernah gagal menggoda selera. Fast food mengandung garam dan lemak trans yang tinggi. Zat ini dapat mengakibatkan obesitas, ukuran janin yang besar (makrosomia), dan risiko gangguan jantung.

Baca: Rekomendasi Obat Batuk Untuk Ibu Hamil yang Aman Untuk Dikonsumsi

Kelima makanan di atas merupakan makanan yang dilarang bagi Anda yang sedang mengandung. Ada banyak sekali pilihan makanan sehat yang dapat Anda jadikan referensi. Konsumsi buah dan sayur dalam porsi yang pas dan jangan lupa selalu masak bahan makanan sampai matang sempurna.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>