8 Khasiat & Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam, Bisa Hilangkan Bau dan Haluskan Kulit

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Tahukah Anda, merendam kaki menggunakan air hangat bercampur garam ternyata mempunyai banyak manfaat penting untuk kesehatan? Mulai dari fungsi relaksasi hingga mengurangi nyeri otot pada ibu hamil. Berikut 8 manfaat merendam kaki dengan air garam yang perlu Anda tahu.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Berendam di dalam air hangat adalah salah satu terapi kesehatan yang telah lama dilakukan. Baik sekedar merendam kaki ataupun merendam tubuh secara keseluruhan. Memangnya, apa khasiat merendam kaki dengan air hangat?

Menurut Biggietips, air hangat mampu memicu kenaikan suhu tubuh manusia, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dengan rutin merendam kaki di dalam air hangat, tubuh juga dapat mencegah terjadinya peradangan yang tidak diinginkan.

Lantas, bagaimana dengan air hangat bercampur garam? Apa manfaat merendam kaki dengan air hangat dicampur garam? Berikut 8 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengatasi Pegal-Pegal dan Kelelahan

Khasiat yang satu ini masih berhubungan dengan manfaat berendam dalam air hangat yang telah dibahas sebelumnya. Karena dapat melancarkan sirkulasi darah, maka otot-otot kaki Anda pun bisa bernafas lega saat direndam dalam air hangat bercampur garam.

Kaki jadi terasa lebih nyaman dan rasa sakit akibat kelelahan bekerja perlahan hilang. Tak heran, badan akan kembali lebih bersemangat usai mandi sore menggunakan air hangat.

2. Mengatasi Kaki Lecet

Pernahkah kaki Anda merasa lecet dan terasa seperti melepuh akibat menggunakan sepatu terlalu sesak dalam waktu yang cukup lama? Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

Tidak perlu khawatir untuk mengatasinya. Kandungan mineral pada air garam mampu membantu mengurangi rasa sakit akibat kaki lecet. Dengan merendam kaki secara rutin di dalam air hangat, kulit kaki juga terasa lebih halus dan lembut.

3. Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri Berbahaya

Merendam kaki menggunakan air hangat bercampur garam juga dapat meredakan infeksi jamur dan bakteri berbahaya di sekitar kaki. Biasanya cara ini direkomendasikan untuk mengatasi berbagai luka kaki akibat jamur seperti cantengan dan mengembalikan kelembaban kulit kaki.

Akan tetapi perlu diperhatikan agar tidak sembarangan merendam kaki yang terkena luka terbuka atau masih tampak menganga. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika ingin mencoba merendam kaki yang terluka ke dalam air garam.

4. Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Kaki

Jamur penyebab bau tidak sedap pada kaki juga bisa diatasi dengan rutin merendam kaki dalam larutan garam. Karena garam mengandung Natrium Klorida yang berfungsi sebagai antibakteri. Jadi, jangan lupa selain rajin mandi dan membersihkan sepatu, coba rendam kaki ke dalam air garam juga ya!

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

5. Membersihkan dan Menghaluskan Kulit Kaki

Apakah Anda mengalami kulit kering dan pecah-pecah di sekitar kaki? Anda bisa gunakan larutan garam untuk mengatasinya. Caranya, rendam kaki dan tumit, gosok-gosok dengan garam laut kasar agar sel-sel kulit mati di kaki terangkat sempurna. Kulit kaki juga akan terasa lebih lembab anti kulit kering.

6. Sebagai Relaksasi untuk Mengurangi Stress

Selain mengandung zat magnesium yang efektif untuk relaksasi tubuh, larutan garam untuk merendam kaki juga mampu menghasilkan melatonin dan serotonin.

Dua hormon tersebut bermanfaat penting untuk menenangkan pikiran, meningkatkan mood lebih baik, dan memperbaiki kualitas tidur.

Dengan rutin merendam kaki menggunakan air hangat, Anda bisa terhindar dari stress dan tidur lebih lelap. Tentunya, tetap perlu dibarengi dengan manajemen emosi yang baik agar tidak mudah stress.

7. Mengatasi Nyeri Sendi

Merendam kaki dengan air garam juga bagus untuk asam urat. Biasanya, larutan garam dicampur dengan sereh, sehingga lebih cepat meredakan nyeri sendi dan asam urat.

Hal ini karena larutan garam efektif memperlebar pembuluh darah, menghambat peradangan, dan merilekskan otot-otot yang tegang.

8. Mengatasi Nyeri Otot pada Ibu Hamil

Manfaat air garam untuk ibu hamil juga tidak kalah penting. Biasanya ibu hamil rentan mengalami nyeri kaki, punggung, hingga kram. Untuk mengatasinya, salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan merendam kaki di dalam air hangat bercampur garam.

Kandungan Magnesium sulfat pada larutan tersebut efektif untuk relaksasi dan membantu meredakan nyeri otot pada ibu hamil. Kandungan tersebut juga bagus sebagai anti-inflamasi untuk mencegah peradangan pada tubuh.

Jenis-Jenis Garam untuk Merendam Kaki

Manfaat merendam kaki dengan air garam ternyata banyak sekali untuk kesehatan. Anda pasti sudah tidak sabar ingin segera merendam kaki dengan larutan garam. Tapi, jenis garam apa saja yang bisa kita gunakan untuk merendam kaki? Berikut 3 diantaranya.

1. Garam Epsom

Jenis garam pertama yang bisa Anda gunakan yaitu garam epsom yang berasal dari Inggris. Jenis garam ini berbeda dengan garam dapur, karena diolah dari bahan-bahan kimia yang kaya akan magnesium, oksigen, dan juga sulfur.

Rasanya cenderung pahit dan tidak asin layaknya garam pada umumnya. Karena itulah, garam Epsom lebih ditujukan bahan larutan untuk relaksasi atau terapi kesehatan. Banyak yang menggunakan garam ini untuk merendam kaki atau mengurangi rasa nyeri pada tubuh dan otot-otot kaki.

2. Garam Himalaya

Jenis garam selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu garam himalaya. Saat ini banyak ahli nutrisi yang sering menyarankan konsumsi garam himalaya untuk kesehatan tubuh. Selain untuk konsumsi sehari-hari, garam himalaya juga bagus untuk merendam kaki sebagai bahan relaksasi.

garam himalaya

3. Garam Dapur

Jika Anda kesulitan menemukan garam epsom dan garam himalaya, Anda juga bisa menggunakan garam dapur untuk merendam kaki. Garam dapur juga memiliki kandungan antibakteri yang bagus, sehingga efektif mengurangi bau kaki dan mencegah inflamasi.

Cara Merendam Kaki dengan Air Garam

Kalau sudah menemukan jenis garam yang tepat, sekarang langsung ikuti tutorial merendam kaki dengan air garam berikut ini:

1. Siapkan Garam dan Air Hangat

Langkah pertama yang perlu Anda siapkan sebelum merendam kaki yaitu garam dan air hangat. Untuk air hangat, disarankan menyiapkan air dengan suhu sekitar 37-38° C. Suhu air ini tidak terlalu panas dan bagus untuk relaksasi tubuh.

2. Larutkan Air dengan Garam pada Wadah

Jika airnya sudah siap, langsung tuang di sebuah ember besar yang akan digunakan untuk merendam. Campurkan sekitar 1-2 sendok makan garam ke dalam air tersebut dan aduk rata sampai keduanya larut.

Anda juga bisa menggunakannya untuk mandi di bak. Kalau untuk mandi, Anda bisa menambah air dan garamnya lebih banyak lagi. Tapi jika untuk merendam kaki saja, cukup gunakan air satu ember atau baskom besar yang muat untuk merendam kaki.

3. Mulai Berendam

Sekarang Anda bisa langsung merendam kaki ke dalam ember berisi larutan garam selama 15-20 menit. Jangan terlalu lama hingga berendam selama berjam-jam.

4. Keringkan dan Olesi Pelembab

Jika sudah selesai merendam kaki, segera keringkan kaki menggunakan handuk kering yang bersih. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan pelembab atau lotion khusus kaki agar kulit terasa lebih halus dan harum.

5. Perhatikan Beberapa Pantangan

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat merendam kaki dengan air garam, termasuk soal intensitasnya. Kira-kira, berapa kali sehari merendam kaki dengan air garam? Atau, berapa kali seminggu? Bolehkah merendam kaki dengan air garam setiap hari?

Jawabannya adalah, disarankan cukup merendam kaki sekitar 1-2 kali seminggu menggunakan air garam. Jangan terlalu sering, karena hanya akan membuat kulit kaki kering.

Selain itu, pastikan Anda hanya menggunakan garam epsom untuk merendam kaki, bukan untuk dikonsumsi, baik itu dimakan, ditelan, atau disuntikkan. Jika Anda mengalami luka terbuka yang cukup serius pada kaki, sebaiknya jangan merendam kaki dengan air garam terlebih dahulu.

Demikian pembahasan lengkap tentang 8 manfaat merendam kaki dengan air garam. Tertarik ingin mendapatkan semua manfaat di atas? Jangan lupa untuk memilih jenis garam yang tepat dan mengikuti cara perendaman yang benar. Selamat mencoba!

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>