7 Bahan Untuk Membersihkan Karang dan Plak Gigi Secara Alami

karang dan plak gigi

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Karang gigi merupakan salah satu permasalahan kesehatan mulut dan gigi yang cukup mengganggu. Karang gigi berasal dari plak atau jigong yang mengeras karena mulut atau gigi jarang dibersihkan. Namun jika sudah terlanjur mengeras, Anda bisa membersihkan karang gigi secara alami.

Penyebab Munculnya Plak dan Karang Gigi

Karang gigi muncul karena kebersihan mulut dan gigi yang tak terjaga dengan baik. Ketika Anda makan dan minum, tentunya terdapat sisa makanan atau kotoran yang menempel pada gigi. Jika mulut dan gigi tak dibersihkan, maka kotoran tersebut menjadi plak atau jigong.

Plak berasal dari makanan atau minuman dengan kandungan karbohidrat, seperti pati, kismis, gula, kue, dan sus. Saat mengunyah makanan, kandungan karbohidrat di dalamnya akan terpecah oleh bakteri dan berubah menjadi asam yang bercampur dengan air liur serta sisa makanan untuk membuat plak.

Membersihkan Karang dan Plak Gigi

Plak yang terus menempel dan menumpuk tanpa dibersihkan bisa mengeras dan menjadi karang gigi. Kondisi tersebut bahkan bisa menyebabkan radang pada gusi karena karang gigi menjalar.

Baca juga:
Cara mengobati gusi bengkak akibat gigi berlubang

Selain mengganggu penampilan, kemunculan karang gigi menandakan bahwa mulut Anda tidak sehat dan kotor. Bahkan, tak jarang kondisi tersebut memicu bau mulut yang bikin tak percaya diri. Lantas, bagaimana cara merontokkan karang gigi?

Cara Merontokkan Karang Gigi Secara Alami

Bisakah membersihkan karang gigi sendiri? Jawabannya, bisa! Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karang gigi di rumah. Salah satunya adalah dengan bahan alami.

1. Lemon

Salah satu cara membersihkan karang gigi secara alami adalah menggunakan buah lemon. Pertama, sikat gigi seperti biasa. Kemudian, pakailah air lemon untuk menyikat gigi. Diamkan selama satu menit, lalu kumur-kumur menggunakan air biasa.

Sebaiknya, lakukan dua kali dalam seminggu atau jangan terlalu sering karena lemon mengandung zat asam yang cukup tinggi.

2. Minyak Kelapa

Jika ditanya, apa obat tradisional untuk menghilangkan karang gigi? Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung antibakteri yang mampu melawan infeksi kuman pada karang gigi.

Caranya, siapkan satu 1 sdm minyak kelapa. Kemudian, berkumurlah selama satu menit. Pastikan minyak kelapa tidak tertelan ke dalam tenggorokan. Jika sudah, buang minyak kelapa dan berkumurlah menggunakan air hangat.

Lakukan setiap pagi sampai karang gigi berkurang dan lepas sendiri. Anda juga bisa menggunakan jenis minyak lainnya, seperti minyak almond dan minyak zaitun untuk membersihkan karang gigi.

3. Baking Soda

Cara membersihkan karang gigi secara alami selanjutnya adalah dengan baking soda atau soda kue. Baking soda dianggap dapat menghilangkan plak, namun tak merusak enamel.

Selain itu, baking soda juga mampu melindungi gigi dari demineralisasi, yakni proses kimia yang bisa menghilangkan kalsium dari lapisan gigi.

4. Garam

Memiliki karang gigi yang sudah mengeras dan hitam memang sangat mengganggu penampilan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mencegahnya agar tidak terlalu parah hingga sulit dihilangkan. Salah satunya dengan garam.

Garam bukan hanya mampu menghilangkan karang gigi melainkan juga bisa mencegahnya agar tak muncul kembali. Anda bisa melarutkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat.

Kemudian beri cuka putih sebanyak dua sendok, lalu gunakanlah air tersebut untuk berkumur-kumur secara menyeluruh ke sela-sela gigi.

5. Pasta Gigi Fluoride

Kandungan fluoride dalam pasta gigi mampu mengurangi pembusukan karena makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Selain itu, fluoride juga bisa memperkuat lapisan enamel pada gigi dan memperbaiki gigi yang rusak.

Maka, sebaiknya sebelum membeli pasta gigi, Anda pastikan untuk memperhatikan zat yang terkandung di dalamnya.

menyikat gigi

Tips Membersihkan Karang Gigi

Selain membersihkan karang gigi secara alami seperti sebelumnya, ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Rajin Menggosok Gigi

Menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari secara rutin adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah karang gigi muncul. Dengan begitu, gigi akan bersih dari plak yang menempel karena sisa makanan dan minuman.

Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, zinc, dan citrate, dan pyrophosphates. Biasakanlah menyikat gigi selama dua menit agar kotoran dan bakteri sisa makanan hilang.

2. Lakukan Flossing

Membersihkan karang gigi di dokter memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan flossing.

Flossing merupakan upaya membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss atau benang gigi dari sisa makanan yang menyangkut. Gunakanlah benang khusus untuk gigi. Ikuti beberapa langkah berikut untuk membersihkan gigi menggunakan benang:

  • Siapkan dental floss dengan panjang 45cm, kemudian lilitkan benang pada kedua jari tengah dan sisakan sedikit.
  • Pegang benang menggunakan ibu jari dan jari telunjuk pada kedua tangan.
  • Lakukan pembersihan gigi bagian atas menggunakan ibu jari, sementara gigi bawah menggunakan jari telunjuk.
  • Masukkan benang ke sela-sela gigi dengan pelan. Jangan terlalu menekan dengan keras karena bisa merusak gusi dan berdarah.
  • Gesekkan secara perlahan di permukaan gigi.
  • Gerakan seperti huruf C.
  • Ulangi pada gigi lainnya sampai selesai.
  • Jika sudah, berkumurlah dengan air bersih agar sisa makanan ikut terbuang.

Dengan begitu, karang gigi akan lepas sendiri dan mulut menjadi bersih.

merokok merusak gigi

3. Hindari Makan Manis dan Rokok

Mengonsumsi makanan manis dan bertepung bisa membuat bakteri untuk berkembang biak. Pasalnya, bakteri yang bertemu dengan makanan manis atau bertepung akan mengeluarkan zat asam.

Selain sisa makanan, rokok juga bisa menyebabkan karang gigi. Bahkan lebih sulit untuk dibersihkan.

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Anda bisa membersihkan karang gigi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dan vitamin pada sayur atau buah-buahan mampu membersihkan karang gigi. Bukan hanya itu, sayur dan buah juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada mulut.

Beberapa buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi untuk membersihkan karang gigi adalah, strawberry, lemon, jeruk, seledri, melon, dan wortel.

5. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membersihkan karang gigi. Anda cukup mengunyah daun sirih secara langsung atau mencampurkannya dengan batang cengkeh lalu dihaluskan baru dikunyah.

Itulah obat menghilangkan karang gigi alami yang bisa Anda temukan dan lakukan di rumah. Bersihkanlah karang gigi secara rutin agar tidak terjadi radang pada gusi atau radang jaringan penyangga gigi.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>