Rincian Modal Usaha Kaos Distro, Tips dan Cara Memulainya

Rincian Modal Usaha Kaos Distro

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Distribution outlet (distro) memang sudah sangat terkenal di kalangan anak muda sejak berdiri pada abad ke-21. Menjual berbagai baju dengan desain unik dan minimalis membuat rincian modal usaha distro tidak terlalu menguras kantong. Desain bajunya juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan popularitas.

Pengertian Distro

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu bertanya ‘apa itu bisnis distro?’ Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, distro merupakan singkatan dari distribution store. Dilihat dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahwa distro menjual beberapa produk dari pabrik.

Pada awal keberadaannya, distro menjadi sebutan bagi semua toko yang menjual produk orang lain, termasuk makanan. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah distro lebih erat kaitannya dengan produk fashion.

Distro kerap disamakan dengan clothing company, padahal keduanya jelas sangat berbeda. Clothing company menjual produk hasil produksinya sendiri, sementara distro menjual beberapa merk orang lain. Secara sederhana, distro dapat didefinisikan sebagai outlet yang berfungsi sebagai jalur distribusi dari produk clothing company.

Peluang Usaha Distro

Pernahkan Anda bertanya-tanya, apakah usaha distro menjanjikan? Jika iya, maka jawabannya adalah sangat menjanjikan. Bisnis distro sendiri sudah sangat menjamur di Tanah Air. Dengan pangsa pasar yang terbuka lebar, usaha distro dapat menghasilkan keuntungan yang banyak.

Selain itu, minat anak muda terhadap trend fashion juga semakin melebarkan peluang usaha distro. Tak hanya anak muda, orang dewasa juga sangat menggemari kaos distro.

Bila dilihat peluang usahanya, bisnis distro juga semakin berkembang lantaran perkembangan teknologi. Didukung mesin canggih, produksi kaos distro semakin unik dan menarik. Soal kualitas pun tidak perlu diragukan lagi. Kaos distro menawarkan bahan yang halus dan tidak mudah robek.

Jika Anda berfokus pada pembangunan brand, bisnis distro Anda akan berjalan dengan lancar. Yang terpenting, perhatikan desain yang sedang naik daun agar tidak ketinggalan zaman.

Rincian Modal Usaha Distro

modal bisnis distro

Ketika membuat usaha distro, Anda harus benar-benar mampu mengatur keuangan dengan baik. Menurut data yang ada dalam Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, sebanyak 92,73% distro sudah mampu mengatur keuangannya dengan baik.

Agar tidak merugi di kemudian hari, penting bagi Anda untuk mengetahui rincian modal bisnis distro. Lantas, berapa modal bikin distro? Tenang saja, membuat distro tidak perlu merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah. Berikut rinciannya:

Modal Awal

No Produk Biaya
1 Meja kasir Rp400.000
2 Rak dan hanger Rp2.200.000
3 Speaker pemutar musik Rp750.000
4 Papan iklan distro Rp450.000

Biaya Operasional

1 Sewa tempat Rp1.000.000
2 Produk fashion Rp6.000.000
3 Gaji karyawan Rp1.500.000
4 Biaya listrik, telepon, dan lain-lain Rp400.000

Total Biaya : Rp12.700.000

Perlu diingat, rincian biaya ini bisa saja berbeda, tergantung kebutuhan dan seberapa besar usaha distro yang akan Anda buat. Semakin besar usaha distro, maka akan semakin besar pula modal yang Anda keluarkan.

Cara Memulai Bisnis Kaos Distro

tips memulai bisnis distro

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali jenis produk yang bisa Anda jual di distro, termasuk baju. Untuk memulainya, Anda tidak boleh sembarangan. Lantas, bagaimana memulai bisnis distro baju? Berikut caranya:

1. Menyusun Rencana Bisnis

Cara memulai distro baju yang pertama adalah dengan merencanakan bisnis dengan matang. Berbagai hal, mulai dari tempat usaha, target pasar, hingga rincian modal usaha distro perlu Anda perhitungkan dengan baik. Tahap perencanaan ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda.

2. Cari Pemasok Kaos Terbaik

Bisnis distro baju tentu saja membutuhkan pemasok kaos. Banyaknya pemasok di era modern ini membuat Anda harus lebih waspada dan memilah-milah mana yang terbaik. Sebagai pemilik usaha, Anda harus berkomitmen untuk menjual kaos berkualitas tinggi kepada calon pelanggan.

Perlu diingat, kebanyakan pemasok kaos berkualitas mematok tarif tinggi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget atau modal yang dimiliki. Bila modal yang dimiliki tidak terlalu banyak, Anda dapat menurunkan sedikit kualitasnya.

3. Cari Jasa Sablon

Langkah selanjutnya adalah mencari jasa sablon yang bagus. Sebagai pemilik distro, Anda tidak mungkin menjual kaos polos biasa. Untuk menarik perhatian calon pembeli, Anda bisa menggunakan sablon yang unik dan out of the box.

Tidak hanya desain sablon yang unik, biasanya para pembeli juga akan memperhatikan kualitas sablon. Maka dari itu, Anda perlu memilih jasa sablon yang sudah terpercaya dan hasilnya tidak diragukan lagi. Sebaiknya, bandingkan lima jasa sablon untuk menemukan salah satu yang terbaik.

4. Pikirkan Teknik Marketing

Jika produk kaos distro sudah ada di tangan, kini saatnya Anda memikirkan cara memasarkan produk. Berkembangnya teknologi membuat teknik pemasaran semakin beraneka ragam.

Tentukan apakah Anda akan menggunakan teknik pemasaran tradisional dengan membagikan brosur, memasang spanduk, dan dari mulut ke mulut, atau memasarkan menggunakan e-commerce.

Di era digital ini, penggunaan teknik marketing online memang lebih direkomendasikan. Anda bisa memaksimalkan pemasaran dengan melakukan endorse, paid promote, atau membeli iklan.

Tips Membangun Usaha Distro Dari Nol

Membangun usaha distro memang dapat dibilang susah-susah gampang. Selama Anda berusaha dan memaksimalkan promosi, maka usaha distro akan sukses besar. Akan tetapi, tidak semua distro dapat berjalan dengan mulus. Jika bisnis distro dirasa kurang berkembang, silahkan perhatikan beberapa tips ini:

1. Perhatikan Nama Brand

Brand menjadi salah satu hal terpenting dalam usaha distro. Tanpa adanya sebuah brand, bisnis distro Anda tidak akan dikenal publik. Karena perannya yang sangat vital, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan nama brand.

Usahakan untuk memilih nama brand yang unik dan berbeda dari yang lain. Namun, sebaiknya pilih nama brand yang mudah diingat dan diucapkan masyarakat Tanah Air.

2. Buat Desain Baju yang Unik

Banyaknya distro yang tersebar di Nusantara membuat Anda harus bersaing dan mengeluarkan effort lebih. Salah satu tips yang bisa Anda terapkan adalah membuat desain baju yang unik dan menarik. Luapkan kreativitas sebaik mungkin agar orang-orang tertarik untuk membeli produk Anda. Namun, pastikan biaya pembuatan desain tidak melebihi rincian modal usaha distro Anda.

3. Ikuti Trend

Mengikuti trend memang sangat berpengaruh pada penjualan kaos distro Anda. Misalnya, tahun 2021 ini masyarakat tengah gempar akan BTS Meal. Tak ada salahnya untuk membuat kaos distro bersablon boyband asal Korea Selatan.

Dengan mengikuti trend, akan ada banyak orang yang membeli kaos distro Anda. Pasalnya, orang-orang pasti berpikir ingin terus update dan tidak mau ketinggalan trend.

4. Ikuti Event Fashion

Tips berikutnya adalah mengikuti event fashion. Setiap tahunnya, Indonesia pasti mengadakan banyak event fashion ternama. Kehadiran event fashion secara tidak langsung dapat membangun personal branding Anda.

Dengan mengikuti event fashion, semua orang akan melihat kreativitas Anda yang dituangkan lewat produk kaos. Selain itu, mengikuti event fashion juga dapat meningkatkan angka penjualan Anda, loh.

5. Promosikan Lewat Sosial Media

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi memang memaksa semua orang untuk terus update. Maka dari itu, promosi lewat media sosial dinilai jauh lebih efektif daripada promosi lewat brosur, selebaran, papan reklame, dan lain sebagainya.

Misalnya, Anda menggunakan media sosial Instagram. Buatlah feeds Instagram yang rapi serta gunakan hashtag menarik untuk memperluas jangkau pasar Anda. Anda juga bisa merekrut seorang developer sosial media agar penjualan lebih optimal.

Setelah melihat rincian modal usaha distro, cara memulai, dan tips-tipsnya, apakah Anda tertarik untuk melakoni usaha ini? Jika iya, Anda perlu ingat bahwa konsistensi menjadi hal utama untuk meraih kesuksesan. Selama Anda menjual produk berkualitas tinggi dengan desain yang beda dari orang lain, pembeli pasti akan terpikat dengan produk Anda.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>