4 Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Hipertensi

Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita masyarakat Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika muncul banyak pertanyaan terkait apakah darah tinggi bisa dipijat? Adakah titik pijat untuk menurunkan darah tinggi? Jawaban selengkapnya akan Anda temukan di artikel ini.

Titik Pijat Refleksi untuk Menurunkan Darah Tinggi

Tidak hanya orang dewasa, ternyata darah tinggi juga dapat dialami oleh anak-anak dan remaja. Di negara maju, data menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa mengalami tekanan darah tinggi. Dengan kata lain, sekitar 32% orang dewasa mengalami masalah kesehatan ini.

Untuk mengatasi darah tinggi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan pijatan atau refleksi. Berikut beberapa titik pijat untuk menurunkan darah tinggi:

1. Belakang Telinga Sampai Leher

Titik pijat yang pertama adalah garis yang membentang mulai dari tulang rawan telinga bagian belakang ke tulang leher bagian tengah. Untuk melakukan pijatan ini, Anda hanya perlu menggunakan tangan.

Caranya, sentuh garis ini perlahan-lahan menggunakan ujung jari dengan lembut. Ulangi cara ini sebanyak 10 kali pada masing-masing sisi.

2. Telinga Sampai Hidung

Selanjutnya, ada titik yang membentang dari telinga sampai hidung. Anda dapat menggunakan ujung jari untuk memberikan tekanan lembut selama 60 detik. Cara ini banyak digunakan dan terbukti dapat menormalkan tekanan darah dalam 5 menit.

3. Ujung Jari Tangan

Saat ini, penyakit darah tinggi tidak memandang usia. Mulai dari anak-anak di usia muda, orang tua, hingga lansia dapat mengalaminya. Untuk mengatasi penyakit tersebut tanpa pengobatan medis, Anda dapat melakukan pijatan pada tangan.

Cara ini diyakini sangat efektif dan mampu menormalkan tekanan darah dengan cepat. Pertama, ambil pena. Kemudian, tekan ujung jari menggunakan pena selama 1 menit.

4. Sela-sela Jempol Kaki

Titik pijat untuk menurunkan darah tinggi yang terakhir adalah sela-sela jempol kaki. Anda dapat menekan sepanjang garis yang berada di antara telunjuk dan jempol kaki menggunakan pena selama kurang lebih 3 detik. Kemudian, istirahatlah selama beberapa detik dan ulangi lagi.

Ciri-ciri Darah Tinggi

Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Hipertensi

Lantas, bagaimana kalau tensi tinggi? Apa yang akan Anda rasakan saat darah tinggi? Berikut beberapa gejala yang bisa terdeteksi jika Anda mengalami darah tinggi:

  1. Mengalami sakit kepala atau pusing
  2. Mimisan secara berlebihan
  3. Sesak nafas dan sakit di bagian dada
  4. Penglihatan tampak kabur atau buram
  5. Adanya darah ketika buang air kecil

Perlu diingat, tidak semua penderita hipertensi mengalami kelima gejala di atas. Bisa jadi gejala yang muncul hanya 1 atau 2 saja. Agar tidak terlambat, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Minuman Penurun Darah Tinggi

Saat darah tinggi kambuh apa yang harus dilakukan? Tentu saja Anda harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan atau buah penurun darah tinggi. Selain itu, Anda juga bisa meminum beberapa minuman penurun darah tinggi.

Lantas, apa saja minuman yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Simak daftarnya berikut ini:

1. Jus Bit

Kandungan nitrat makanan yang ada dalam jus bit terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, jus yang satu ini juga sangat rendah kalori, sehingga cocok untuk menu diet.

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, semua jus bit dapat menurunkan tekanan darah, baik yang matang maupun mentah. Akan tetapi, jus bit mentah biasanya mendatangkan dampak yang lebih besar.

2. Cuka Sari Apel

Anda pasti sudah tahu bahwa cuka sari apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah. Pasalnya, cuka sari apel sangat kaya akan potasium, sehingga racun dan kelebihan natrium dapat dikeluarkan dari tubuh

Baca:
Khasiat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Selain itu, minuman ini juga mengandung enzim renin yang dapat meminimalisir tekanan darah. Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan madu dalam segelas air. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa meminumnya di pagi hari secara rutin.

3. Susu Rendah Lemak

Selain kedua minuman di atas, Anda dapat meminum susu rendah lemak. Pasalnya, susu rendah lemak dapat memasok kalsium dan kalium ke dalam tubuh, sehingga tekanan darah tetap berada dalam keadaan normal. Konsumsi susu dapat dilakukan pada pagi hari setiap hari.

4. Air Putih

Selain mengetahui titik pijat untuk menurunkan darah tinggi, tentu saja Anda harus mengetahui cara alami yang paling mendasar. Ternyata, air putih dapat membantu Anda menurunkan dan menormalkan tekanan darah. Kandungan magnesium pada air putih akan didapat secara optimal jika Anda meminumnya minimal 8 gelas sehari.

5. Jus Semangka

Minuman selanjutnya adalah jus semangka yang segar dan menyehatkan. Semangka mengandung citrulline yang dapat mengatur tekanan darah tinggi. Selain itu, citrulline juga dapat membantu produksi suatu gas yang mendorong fleksibilitas arteri dan melemaskan pembuluh darah bernama oksida nitrat.

Selain menormalkan tekanan darah, jus semangka juga dapat mengurangi resiko obesitas, menjaga kesehatan jantung, dan mengatasi nyeri kaki. Tidak hanya menjadikannya sebagai jus, Anda juga dapat mengonsumsi semangka secara langsung.

6. Jus Bayam

Selanjutnya, Anda bisa meminum jus bayam. Meskipun rasanya tidak banyak disukai masyarakat, jus bayam dapat menjadi sumber potasium yang baik. Kandungan kaliumnya yang melimpah dapat mengurangi ketegangan di arteri dan pembuluh darah.

7. Air Lemon

Manfaat air lemon untuk detoksifikasi tubuh pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Selain itu, ternyata air lemon juga dapat menurunkan tekanan darah dan membuatnya menjadi lebih lembut dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang melimpah.

8. Jus Wortel

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, ternyata jus wortel juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kaya akan potasium, wortel dapat menjaga kesehatan jantung dan meminimalisir resiko stroke. Manfaat jus wortel akan lebih terasa jika Anda mengombinasikannya dengan pijatan di titik pijat untuk menurunkan darah tinggi.

9. Teh Hijau

Dalam menurunkan tekanan darah, tidak semua jenis teh dapat Anda gunakan. Salah satu teh yang dapat digunakan adalah teh hijau. Menurut penelitian, konsumsi teh hijau jangka panjang dapat meminimalisir tekanan darah diastolik dan sistolik.

Apakah Es Batu Bisa Menurunkan Tensi Tinggi?

Menurunkan tekanan darah tinggi secara alami kerap disangkutpautkan dengan es batu. Beberapa orang percaya bahwa menggenggam es batu selama beberapa waktu dapat menyembuhkan hipertensi.

Namun, kenyataannya tidak begitu. Menurut pakar dan ahli kesehatan, es batu tidak dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, apalagi jika tekanan darah Anda sudah lebih dari batas normal.

Manfaat es batu bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan adalah untuk fisioterapi, mengurangi nyeri, pembengkakan, dan peradangan, serta merawat otot yang kaku. Jadi, bukan menurunkan tensi yang tinggi, ya.

Pengetahuan terkait titik pijat untuk menurunkan darah tinggi memang diperlukan di era modern ini. Selain meminimalisir biaya, Anda juga dapat mengetahui penanganan yang tepat bila sewaktu-waktu Anda tidak dapat berobat ke dokter maupun rumah sakit. Sebaiknya, ubah pola hidup menjadi lebih sehat untuk mencegah darah tinggi.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>