Mau Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta? Ini Caranya!

Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Langkah awal membuka usaha sudah umum dimulai dengan modal minim dan skala bisnis yang masih kecil. Namun, dengan modal 5 juta usaha apa yang cocok? Hanya dengan jumlah sekian, Anda tetap bisa buka usaha sembako dengan modal 5 juta tanpa perlu ambil pinjaman tambahan.

Meski angka 5 juta bukan jumlah yang besar, bukan jadi halangan untuk membuka peluang usaha. Karena pada dasarnya semua usaha besar dirintis dari bawah dan tanpa modal besar. Yang terpenting Anda mau berusaha, pandai me-manage uang dan pandai melihat peluang.

Cara Menjalankan Warung Sembako dengan Modal 5 Juta

Jika Anda ingin merintis usaha baru dengan modal tidak lebih dari 5 juta, warung sembako dapat menjadi solusinya. Jenis usaha ini dinilai sangat menjanjikan dan tak akan pernah mati di pasaran karena warung sembako selalu menyediakan kebutuhan pokok yang diperlukan setiap harinya.

Menurut data BPS yang diakses pada Juli 2021 ini, jumlah total toko kelontong di kawasan pedesaan Indonesia pada tahun 2018 adalah sebanyak 76.085 toko. Jumlah ini mengalami kenaikan daripada tahun 2014 lalu yang hanya mencapai jumlah 72.845 toko kelontong.

Melalui data tersebut dapat menjelaskan bahwa membangun warung sembako telah menjadi bisnis yang prospektif dan menguntungkan. Jadi tak perlu heran meski modalnya tak seberapa, bisnis tersebut akan berpotensi semakin berkembang.

Bagaimana dengan modal usaha dibawah 5 juta? Apakah masih layak untuk dijadikan sebagai modal usaha? Tentu saja bisa. Toko kelontong atau warung sembako dapat menjadi permulaan usaha Anda dengan modal seadanya asalkan cukup.

Dengan 5 juta kira-kira dapat digunakan untuk persiapan barang sembako apa saja?

1. Membeli Peralatan Toko

Sebelum membuka usaha sembako dengan modal 5 juta, jenis perlengkapan yang setidaknya perlu untuk dipersiapkan antara lain :

  • Meja
  • Rak atau lemari kaca
  • Timbangan
  • Ember beras
  • Plastik
  • Dan peralatan pelengkap lain yang sekiranya diperlukan sebagai modal awal

Barang-barang diatas tak harus beli baru. Anda dapat membeli barang second, bekas saudara tapi tetap berkualitas. Jika Anda sudah mempunyai benda-benda tersebut sebelumnya, maka modal 5 juta tersebut akan berguna untuk alokasi modal lainnya.

2. Mempersiapkan Barang Dagangan

Setelan sarana berdagang sudah terpenuhi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah membeli produk belanjaan. Bahkan dengan modal usaha 2 juta rupiah saja sudah cukup membantu dalam hal kebutuhan modal warung sembako.

Modal 2 juta cocok untuk usaha apa? Cocok untuk memulai bisnis usaha sembako skala kecil sampai dengan sebagai modal jualan jajanan sederhana di desa. Gunakan alokasi uang secukupnya dan beli barang yang paling diperlukan dalam masyarakat atau rumah tangga.

Pemilihan barang yang paling banyak dicari masyarakat tentu akan mempercepat proses perputaran uang dan dapat dengan cepat meraup keuntungan. Keuntungan tersebut akan jadi modal baru untuk memperluas ekspansi bisnis sembako.

3. Memilih Lokasi Usaha

Manfaatkan ruang kosong sebaik mungkin sebagai lokasi usaha warung sembako terbaru Anda. Hal ini tentu lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menyisihkan beberapa rupiah dari modal 5 juta untuk biaya sewa warung sembako.

Untuk urusan sewa tempat kira-kira perlu modal usaha sembako berapa? Karena biaya sewa itu cenderung mahal, maka modal usaha akan habis banyak.

Padahal, budget ini sebenarnya masih dapat ditekan untuk penggunaan yang lain alih-alih untuk biaya sewa. Anda bahkan dapat memakai rumah sendiri sebagai lokasi bisnis baru nantinya.

4. Menjalankan Promosi

Melakukan promosi usaha sembako dengan modal 5 juta dapat dilakukan dengan memberikan pelayanan prima kepada setiap pembeli. Kepuasaan mereka akan menuntun pada pembelian ulang dan membuat mereka berlangganan di warung sembako milik Anda.

Jika pembeli puas, maka akan sangat dimungkinkan bahwa mereka akan memperkenalkan atau merekomendasikan warung Anda kepada masyarakat dan calon pembeli lainnya.

Jadi ibarat kata, Anda tak selalu butuh beriklan untuk memasarkan usaha Anda, cukup dengan membuat pembeli puas dan senang, akan dapat mengundang pembeli lain berdatangan.

5. Mendapatkan Distributor atau Grosir Murah

Sebagai persiapan awal dan seterusnya, kebutuhan akan suplai barang murah akan sangat membantu membuat modal 5 juta Anda cukup untuk mengisi warung sembako baru Anda.

Bahkan dengan mendapatkan tempat grosir maupun distributor murah merupakan salah satu kunci agar bisnis sembako Anda lekas meraup untung yang besar.

Contoh pihak yang dapat menyediakan kebutuhan tersebut adalah distributor tangan pertama. Karena dari tangan pertama, maka harganya pasti jauh lebih murah.

6. Tetapkan Harga Pasar dan Atur Pembukuan dengan Baik

Setelah semua langkah awal perintisan warung sembako selesai, Anda dapat mulai berdagang dengan harga pasar yang sesuai. Selanjutnya pastikan perputaran uangnya stabil melalui penyusunan pembukuan keuangan dengan benar.

Jika semua dijalankan dengan benar dan lancar, maka usaha sembako dengan modal 5 juta ini akan terus berkembang dan berlipat-lipat besarannya. Besaran modal ini dapat Anda gunakan untuk memperluas bisnis warung sembako secara bertahap dan tetap berdasarkan pada perhitungan yang matang.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>