5 Keuntungan Investasi Obligasi, Lebih Baik Daripada Deposito?

investasi obligasi

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Apakah Anda sudah pernah mendengar investasi obligasi? Di tahun 2021 ini banyak orang yang mulai tertarik untuk melakukan investasi tersebut. Obligasi adalah surat utang negara yang resmi diterbitkan entitas pemerintah atau perusahaan yang memiliki jangka waktu tertentu.

Saat Anda memiliki obligasi, maka itu berarti negara atau perusahaan sudah berhutang kepada Anda dengan jumlah tertentu dan waktu tempo yang sudah disepakati. Kemudian, debitur yaitu negara atau perusahaan terkait akan membayarkan bunga kepada Anda setiap bulan.

Keuntungan Melakukan Investasi Obligasi

Apa keuntungan dari obligasi? Saat Anda mulai berinvestasi jenis obligasi, maka Anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari melakukan investasi ini:

1. Mendapatkan Kupon (Bunga) Secara Berkala

Setelah melakukan investasi ini Anda akan mendapatkan kupon atau bunga dari debitur secara berkala. Dalam hal ini bisa setiap 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan sekali, sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Kemudian kupon ini ada dua jenis, yaitu kupon floating (tidak tetap) dan kupon fixed (tetap).

2. Mendapat Capital Gain

Ketika Anda menjual sebuah obligasi, maka Anda akan mendapatkan capital gain atau keuntungan yang dihitung dari selisih harga jual obligasi dikurangi harga beli obligasi tersebut. Dengan catatan, Anda menjualnya kepada investor umum melalui pasar sekunder.

3. Sudah Pasti Dibayarkan dan di Tambahan Return (Kupon)

Amankah Investasi Obligasi? Untuk Anda yang memiliki obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah negara, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Hal ini dikarenakan investasi yang diterbitkan pemerintah sangat terjamin keamanannya.

Hal ini sudah diatur jelas dalam UU No. 24 Tahun 2002, terkait surat utang negara dan UU No. 19 Tahun 2008 yang mengatur surat berharga syariah negara. Memiliki obligasi terbitan pemerintah merupakan keuntungan bagi Anda dalam melakukan investasi jangka panjang.

4. Keuntungan Kupon Obligasi Lebih Tinggi Dibandingkan Bunga dari Deposito

Keuntungan dalam berinvestasi tentu harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Beberapa orang tertarik untuk membeli surat berharga negara atau biasa dikenal sebagai obligasi pemerintah, dikarenakan keuntungan yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan bunga deposito.

5. Bisa Dijadikan Sebagai Jaminan

Selain bisa mendapatkan keuntungan dari korporasi atau perusahaan, Anda juga bisa menggunakan obligasi sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Selain itu, obligasi juga bisa Anda gunakan sebagai jaminan saat membeli saham di bursa efek.

Apa Itu Investasi Obligasi Jangka Panjang?

Obligasi juga bisa Anda gunakan sebagai investasi jangka panjang, sebab dalam pembuatan kesepakatan antara peminjam dan pemberi pinjaman, Anda bisa menentukan jangka investasi ini mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun.

Bagi pemilik usaha, obligasi ini adalah salah satu kesempatan untuk mendapatkan dana tambahan untuk meningkatkan bisnis yang bisa dilunasi dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan bagi Anda pemilik obligasi atau pemberi pinjaman, obligasi merupakan bentuk investasi yang menguntungkan.

Tempat Membeli Obligasi

Lalu dimana kita bisa membeli obligasi? Untuk bisa membeli surat utang Anda bisa mendapatkannya dengan dua cara, pertama melalui mekanisme pasar sekunder dan yang kedua melalui pasar perdana. Jadi, Anda tinggal memilih mana cara yang sesuai dan menurut Anda mudah serta menguntungkan.

Untuk mendapatkan obligasi melalui pasar perdana, maka Anda sama saja melakukan jual beli obligasi secara langsung dengan perusahaan sekuritas yang sudah ditunjuk secara resmi. Sedangkan untuk cara beli obligasi di pasar sekunder, Anda bisa membeli obligasi melalui mekanisme perbankan atau bursa.

Baca: Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Kemudian bagi Anda yang ingin memiliki investasi ini, sekarang bisa Anda lakukan dengan mudah. Sebab, Anda bisa melakukan investasi obligasi secara online, yaitu melalui aplikasi khusus yang bisa Anda akses dengan mudah.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>