Apa Itu Black Card? Kartu Sakti Para Sultan?

apa itu black card

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Kartu berwarna hitam yang sering disebut sebagai black card ini sempat viral beberapa bulan lalu. Hal ini terjadi karena seorang aktris terlihat menggunakannya saat sedang berbelanja. Lalu, mengapa bisa sampai viral? Dan sebenarnya apa itu black card?

Mungkin bagi sebagian orang yang belum pernah mendengar black card ini akan mengiranya sebagai kartu atm atau debit biasa. Padahal, kartu ini memiliki banyak keistimewaan. Tetapi, sebelum mengetahui keistimewaan dari kartu ini, mari kita simak apa itu black card yang sesungguhnya.

Asal Usul Black Card

apa itu black card

Tak kenal maka tak sayang, pepatah itu pula yang harus Anda terapkan guna mengenal lebih jauh tentang black card. Dimulai dari pertama kali muncul pada tahun 1999 dari salah satu bank terbesar di Amerika, yakni American Express atau lebih dikenal dengan Amex.

Walaupun sudah muncul sejak puluhan tahun lalu. Namun, black card semakin dikenal setelah viral di salah satu media sosial bernama TikTok.

Kartu black card ini memiliki nama resmi American Express Centurion Card. Tetapi, kebanyakan orang justru menyebutnya sebagai black card yang diambil dari warna kartunya.

Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Black Card

Tak heran banyak orang yang menginginkan kartu kredit elite ini. Karena, kartu ini memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh pemilik black card.

  1. Undangan Ekslusif ke Acara Kelas Dunia
    Jika Anda memiliki black card, maka bersiaplah untuk datang ke acara-acara bergengsi kelas dunia. Wah, sungguh momen yang cukup bergengsi bukan?
  2. Akses ke Ruang Tunggu di Bandara Dunia
    Pengguna black card dari Amex ini juga dapat menikmati lounge atau ruang tunggu yang mewah di seluruh bandara dunia.
  3. Menyewa Jet Pribadi
    Anda juga bisa menyewa jet pribadi jika memiliki kartu elegan berwarna hitam ini. Jadi, tak perlu repot mengantri di maskapai pesawat komersial.
  4. Mendapatkan Diskon Hotel Bintang Lima Dunia
    Para pemilik black card juga tak perlu khawatir untuk istirahat yang nyaman di berbagai hotel bintang lima. Karena, Anda akan mendapatkan diskon setiap tinggal di hotel bintang lima, tidak hanya di Indonesia saja, tapi di seluruh dunia.
  5. Akses VIP pada Event Dunia
    Tak hanya boleh hadir di acara kelas dunia. Para pemegang black card juga akan mendapatkan pelayanan VIP. Sehingga, Anda akan merasa nyaman selama acara berlangsung.
  6. Menutup Toko untuk Umum
    Hal ini hanya bisa dilakukan oleh para pemilik black card. Anda boleh menutup toko untuk umum, agar Anda bisa belanja sendiri sepuasnya. Kapan lagi bukan Anda bisa belanja sepuasnya sendirian.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan dari black card, mungkin Anda akan bertanya-tanya berapa isi black card itu sendiri? Secara umum, belum ada yang mengetahui limit asli dari black card American Express. Namun, ada yang menyatakan bahwa limitnya mencapai US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4,4 miliar.

Cara Mendapatkan Black Card American Express

cara mendapatkan black card

Setelah mengetahui semua keuntungan dari kartu ini, pasti terlintas di benak Anda bagaimana cara mendapatkan black card? Untuk mendapatkan kartu kredit eksklusif ini bisa dibilang cukup sulit. Karena, Anda harus mendapatkan undangan dari Amex terlebih dahulu.

Sehingga, bukan sembarang orang yang bisa memilikinya. Selain menunggu undangan eksklusif dari Amex untuk mendapatkan black card. Anda juga bisa mengajukan diri langsung ke Amex.

Untuk mengajukan diri, Anda harus menjadi anggota Amex kurang lebih selama setahun dan aktif menggunakan beberapa produknya. Selain itu, Anda juga harus memiliki pengeluaran perbulan minimal USD 250 ribu atau sekitar Rp 3,5 miliar.

Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa kartu ini baru bisa diberikan jika Anda sering berbelanja minimal USD 450 ribu per tahun atau sekitar Rp 6,4 miliar. Tak hanya minimal pengeluaran, memiliki kartu ini juga mengharuskan Anda untuk membayarkan beberapa biaya.

Mulai dari biaya keanggotaan sebesar USD 5,000 atau sekitar Rp 66 juta. Selain itu, para pemilik kartu juga diwajibkan untuk membayar iuran sebesar USD2,500 atau sekitar Rp 33 juta tiap tahunnya. Harga yang cukup mahal bukan untuk sebuah kartu?

Namun, jika dilihat dari segala keistimewaan yang diberikan, bisa dibilang hal tersebut juga sebanding. Jika Anda merasa syarat untuk memiliki black card dari Amex cukup berat. Maka, beralihlah ke produk lokal.

Beberapa bank di Indonesia juga telah mengeluarkan black card-nya sendiri? Bagaimanakah bentuk dan sistemnya? Mari simak lebih jauh.

Apa itu Black Card di Indonesia?

Tak hanya American Express Centurion Bank dan American Express (Amex) yang memiliki kartu kredit hitam atau black card ini. Beberapa bank di Indonesia juga telah meluncurkan kartu kredit eksklusifnya. Salah satunya adalah BCA.

Bank ternama di Indonesia ini telah mengeluarkan black card-nya sendiri. Untuk mendapatkan black card dari BCA ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki pendapatan bulanan minimal Rp. 3.000.000 dan berumur setidaknya 21 tahun hingga 65 tahun.

Black card dari BCA ini juga dapat dimiliki oleh dua orang sekaligus. Walaupun tidak semewah black card keluaran American Express, black card dari BCA ini juga bisa memenuhi kehidupan Anda. Memiliki limit sebesar Rp. 20.000.000 dengan biaya bulanan Rp. 450.000, biaya yang cukup untuk membuat Anda hidup mewah bukan?

Selain BCA, bank BUMN lainnya seperti BNI juga memiliki black card-nya sendiri. Cara dapat kartu kredit dari BNI ini juga mudah. Tidak berbeda jauh dengan BCA.

Siapa Saja yang Memiliki Black Card?

apa itu black card nagita slavina

Black card hanya dapat dimiliki oleh mereka yang kekayaannya di atas rata-rata atau bisa disebut sebagai miliarder dunia. Kebanyakan orang yang memiliki kartu elegan dari American Express ini merupakan seorang aktor, aktris atau orang terkenal lainnya.

Saat Anda lihat dari keistimewaan dan syaratnya, wajar bukan jika kartu kredit ini dimiliki oleh orang-orang tertentu. Siapa sajakah yang memiliki black card? Berikut ini daftarnya:

1. Ariana Grande

Di salah satu lagunya Ariana pernah menyatakan bahwa black card adalah kartu bisnisnya. Bisa Anda bayangkan berapa kekayaan Ariana yang menganggap black card sebagai kartu bisnis.

2. G-Dragon

Tak hanya dari Amerika, beberapa artis Korea juga memiliki kartu kredit ekslusif ini. Salah satunya adalah G-Dragon Bigbang.

Tidak jauh berbeda dari Ariana, GD nama panggilan G-Dragon juga menganggap black card adalah kartu biasa. Bahkan, di salah satu music video miliknya, dia memotong black card layaknya kertas bekas.

3. Suga BTS

Salah satu personel BTS ini sempat terlihat menggunakan black card saat sedang berbelanja. Jika dilihat dari masa lalunya yang orang biasa sampai dia bisa memiliki black card, sungguh menjadi perjuangan yang luar biasa.

4. Nagita Slavina

Artis kenamaan Indonesia yang satu ini juga ketauan menggunakan black card saat sedang berbelanja.

Bagaimana? Apakah setelah mengenal apa itu black card, Anda jadi ingin memilikinya? Jika iya, maka bekerja keraslah hingga Anda bisa menjadi seorang miliarder dunia.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>