Berapa Berat Normal Janin Usia 7 Bulan Dalam Kandungan? Yuk Cari Tau!

Berapa Berat Normal Janin Usia 7 Bulan Dalam Kandungan

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Kehamilan menjadi masa-masa paling menyenangkan bagi calon ibu. Namun, ketika sudah mendekati hari kelahiran, tak jarang ibu dilanda rasa cemas mengenai kesehatan sang jabang bayi. Berat janin usia 7 bulan perlu terus dipantau, karena pada usia 7 bulan otak bayi sedang berkembang pesat.

Namun, bagi Anda para calon ibu tak perlu khawatir. Saat ini banyak tersebar info-info kehamilan yang dapat Anda akses dengan mudah. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kesehatan dan memberikan perhatian terbaik untuk Anda dan si buah hati.

Kondisi dan Berat Janin Usia 7 Bulan dalam Kandungan

Memasuki usia kandungan 7 bulan berarti sudah memasuki masa-masa persiapan kelahiran. Di masa ini, Anda tentunya sudah melakukan beberapa persiapan agar persalinan nanti bisa berjalan lancar. Persiapan yang dilakukan termasuk pemeriksaan kesehatan ibu dan janin.

Janin dikatakan sudah berusia 7 bulan jika usia kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke 29. Usia kehamilan ini berakhir saat sudah 32 minggu. Lalu, berat janin 28 minggu normalnya berapa? Pada usia ini, normalnya bayi memiliki berat badan lebih dari 1 kg.

Baca: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Ukuran janin sudah sebesar nanas dengan panjang antara 37 hingga 38 cm. Pada usia kehamilan ini ukuran bayi sudah cukup besar dan posisinya tidak lagi berada di bawah pusar. Hamil 7 bulan bayi sebesar apa?

Berat janin usia 7 bulan sudah berada di rentang antara 900 hingga 1800 gram, atau tidak lebih dari 2 kg. Hal ini disebabkan karena sel lemak mulai tersimpan dalam tubuh janin. Untuk panjang tubuh, umumnya berkisar antara 38,6 hingga 39 cm.

Lalu, hamil 7 bulan posisi kepala bayi di mana? Umumnya kepala bayi sudah berada di bagian bawah rahim. Saat usia kandungan memasuki 7 bulan, dapat juga dikatakan posisi bayi sudah siap lahir. Berikut beberapa perkembangan lain yang terjadi pada janin usia 7 bulan.

  1. Rambut semakin tumbuh dan menebal
  2. Paru-paru semakin berkembang pesat namun baru mulai bernapas saat usia 36 minggu
  3. Kuku semakin terbentuk dan berkembang. Janin sudah bisa menggaruk bagian tubuhnya yang terasa gatal
  4. Kadar cairan ketuban bertambah. Bayi bisa menelan dan mengeluarkannya menjadi urine.

Pada awal masa kandungan 7 bulan ini juga ditandai dengan gerakan janin yang lebih aktif. Tanda pergerakan ini bisa menjadi pertanda apakah janin dalam kondisi sehat atau tidak.

Perut Turun Saat Kandungan Usia 7 Bulan

Umumnya perut terlihat turun jika usia kehamilan sudah memasuki 8 bulan. Di mana sudah mendekati masa persalinan. ‘Syarat’ inipun umumnya terjadi hanya pada ibu yang pertama kali mengandung.

Jika perut turun ini terjadi saat usia kehamilan kurang dari 8 bulan apalagi 30 minggu atau 31 minggu, dan terjadi pada kehamilan kedua, maka Anda perlu memeriksakan ke dokter. Hal ini bisa menunjukkan adanya gejala prolaps uteri. Gejala ini terjadi jika rahim turun menuju vagina.

Kenapa hamil 7 bulan perut sudah turun? Menurut Case Reports in Obstetrics and gynecology menyebutkan, prolapse uteri dapat terjadi atas beberapa hal, di antaranya.

  1. Pernah memiliki trauma persalinan
  2. Kelainan jaringan ikat
  3. Ibu mengalami kelebihan berat badan
  4. Pernah operasi besar di bagian panggul
  5. Hormon progesteron meningkat

Untuk memastikan kondisi Anda dan sang jabang bayi selalu sehat, jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan secara teratur. Penuhi nutrisi ibu dan bayi dengan gizi yang seimbang sesuai anjuran dokter.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>