5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Permanen

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Di internet, Anda bisa melihat banyak cara menghilangkan flek hitam di wajah. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya masalah flek hitam dapat membuat seseorang kehilangan percaya diri. Menurut riset yang dilakukan pada Indonesia Beauty Confidence Report 2017, sekitar 38% wanita di Indonesia suka membandingkan dan merasa dirinya tidak cukup cantik.

Lantas, kenapa flek hitam di wajah susah hilang? Apa obat untuk menghilangkan flek hitam? Berbagai pertanyaan seputar flek hitam terus menghantui Anda. Maka dari itu, simak penjelasan yang ada di artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi di segala usia, terutama pada orang berkulit putih saat musim panas tiba. Kondisi ini terjadi karena peningkatan produksi melanin. Seperti namanya, flek hitam merupakan bintik-bintik kecil yang berwarna lebih gelap daripada area sekitarnya. Jika dilihat dari jauh, bentuknya memang mirip seperti bekas jerawat.

Secara umum, flek hitam muncul di area wajah, mulai dari pipi hingga hidung. Namun, tak menutup kemungkinan bintik-bintik ini dapat muncul di area leher, dada, maupun kulit lengan. Adapun, beberapa penyebab flek hitam yang membandel adalah sebagai berikut:

  1. Sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang relatif lama
  2. Mempunyai kulit berwarna cerah atau putih
  3. Faktor genetik atau mempunyai anggota keluarga yang mengalami kondisi serupa
  4. Jarang memakai skincare atau penggunaan skincare yang tidak cocok

Gejala Munculnya Flek Hitam di Wajah

Sebelum Anda bertanya, “Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di pipi?”, Anda perlu mengetahui gejalanya. Berbagai tanda ini perlu Anda perhatikan agar dapat membedakan bekas jerawat dengan flek hitam. Berikut gejala atau karakteristik flek hitam:

  1. Meskipun namanya flek hitam, tapi flek ini umumnya berwarna kecoklatan atau kemerahan, serta lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya
  2. Bentuk flek hitam seperti titik-titik atau bercak noda kecil. Ukurannya sekitar 1 mm dan tidak menonjol
  3. Biasanya, flek hitam muncul di sekitar wajah dan menyebar dari pipi ke tulang hidung
  4. Flek hitam kerap muncul setelah Anda diterpa sinar matahari yang terus menerus

Cara Menghilangkan Noda dan Flek Hitam Secara Alami dan Permanen

Bisakah flek hitam dihilangkan secara alami? Tentu saja, jawabannya adalah bisa. Namun, hasilnya akan cukup lama dibandingkan Anda menggunakan produk kimia yang sudah terbukti ampuh. Dalam mengobati flek hitam secara alami, Anda perlu konsisten dan berkomitmen.

Ingin tahu apa saja cara mengobati flek hitam di wajah dengan bahan-bahan alami? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Menggunakan Lemon

lemon untuk menghilangkan flek hitam di wajah

Cara yang pertama adalah menggunakan lemon. Buah berwarna kuning ini sangat kaya akan vitamin C yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kulit, khususnya wajah. Lemon mampu meminimalisir resiko penuaan dini, menangkal radikal bebas, merawat kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, mencerahkan wajah, hingga menghilangkan flek hitam.

Untuk menghilangkan flek hitam, Anda bisa membuat jus lemon. Setelah itu, ambil airnya dengan menggunakan kapas dan pakailah seperti toner. Jika sudah mengering, bilas wajah dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin dalam dua minggu. Dengan begitu, flek hitam di wajah Anda akan menghilang. Namun, sebaiknya perhatikan kondisi kulit Anda. Cara ini kurang disarankan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

2. Menggunakan Kentang

Selanjutnya, Anda bisa menghilangkan flek hitam menggunakan kentang. Sayuran yang satu ini memang banyak digunakan wanita Indonesia untuk memasak, sehingga sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau.

Tidak hanya bermanfaat sebagai bahan makanan, kentang juga mengandung senyawa yang dapat mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, dan melembabkan kulit. Manfaat-manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menjadikan kentang sebagai masker.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama, cuci kentang sampai bersih, kemudian iris tipis. Setelah itu, letakkan irisan kentang di wajah dan biarkan selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup, cuci wajah dengan air hangat.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Cara mengobati flek hitam di wajah selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Lidah buaya diyakini mampu menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat menangkal radikal bebas. Maka dari itu, tak heran jika banyak produsen skincare menggunakan lidah buaya sebagai bahan pelengkapnya.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengambil lidah buaya dan membelah bagian batangnya. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan dagingnya. Setelah itu, oleskan daging pada wajah yang mengalami flek hitam.

Anda dapat memijat perlahan dan membiarkannya sekitar 15 sampai 20 menit. Jika sudah mengering, bilas wajah sampai bersih. Sebaiknya, lakukan perawatan ini dua kali sehari dalam dua minggu.

4. Menggunakan Pasta Almond

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan pasta almond untuk merawat kecantikan wajah. Almond dapat dijadikan sebagai pelembab alami karena kaya akan antioksidan dan vitamin E. Skincare alami ini sangat ampuh untuk melembabkan kulit, menghilangkan flek hitam, dan memudarkan bekas luka.

Namun, Anda perlu meluangkan sedikit tenaga dan waktu untuk menyiapkan masker almond. Pasalnya, kacang almond harus direndam di susu selama satu malam sebelum Anda mengolahnya.

Jika sudah, Anda dapat mengupas dan menggiling kacang almond. Kemudian, campurkan dengan madu atau bubuk cendana. Aduk hingga rata sampai masker berbentuk pasta.

Untuk mendapatkan efek yang maksimal, Anda dapat menggunakan masker ini sekitar 1 sampai 2 minggu sekali. Ketika Anda mengaplikasikannya, beri pijatan ringan agar mendapat efek relaksasi.

5. Menggunakan Bubur Pepaya

Bubur Pepaya untuk menghilangkan flek hitam

Cara mengobati flek hitam pada wajah selanjutnya adalah menggunakan bubur pepaya. Sudah sejak lama, pepaya memang digemari masyarakat karena terkenal mampu melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, ternyata pepaya juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Buah yang relatif tidak disukai anak-anak ini mampu mencerahkan kulit wajah dan memudarkan flek hitam. Adanya kandungan antioksidan dalam pepaya mampu menyingkirkan sel kulit mati.

Selain itu, cara membuat masker pepaya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil daging yang sudah matang, kemudian menghancurkannya sampai menjadi bubur. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 20 menit.

Jika sudah mengering, bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa memakai obat berbahan kimia. Jika kondisi flek hitam sudah parah, Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Nantinya, Anda akan diberikan krim pemutih, krim retinoid, terapi laser, hingga cryosurgery.

Perlu diingat, penanganan flek hitam masing-masing orang dapat berbeda, tergantung kondisi kulit seseorang dan tingkat keparahannya. Selain itu, Anda juga bisa mencegah flek hitam dengan rajin menggunakan sunscreen saat keluar rumah.

Dari sekian banyaknya cara mengobati flek hitam pada wajah, Anda perlu memilih yang sesuai dengan kondisi Anda. Untuk hasil yang instan, Anda dapat menggunakan obat-obatan dari dokter atau perawatan tertentu. Jika Anda tetap ingin menggunakan bahan alami, sebaiknya pakailah secara rutin dan konsisten.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>