Jarang Diketahui, Ternyata Ini 8 Khasiat Cuka Apel!

Khasiat Cuka Apel

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Pertanyaan “Apakah cuka apel aman untuk diminum?” pasti sudah sering Anda temukan. Selain dapat digunakan untuk wajah, ternyata cuka apel bisa diminum secara langsung. Khasiat cuka apel yang sangat banyak juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Cuka Apel

Beberapa orang penasaran cuka apel untuk penyakit apa saja? Menurut penelitian, cuka apel mengandung 5%-6% asam asetat dan 94% air. Berkat kandungan tersebut, cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut daftar manfaat minum cuka apel:

1. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menyebut bahwa cuka apel sangat baik bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Studi membuktikan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, serta mengurangi asupan makan.

Dengan meminum cuka apel secara rutin, sekitar 275 asupan kalori dapat diturunkan. Tentu saja manfaat bisa didapat dengan maksimal jika Anda mengombinasikannya dengan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur.

2. Meminimalisir Resiko Kanker

Selanjutnya, cuka apel memiliki manfaat untuk menekan resiko kanker. Penyakit kanker sendiri disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan tidak terkendali, sehingga pada akhirnya akan merusak jaringan sel yang sehat.

Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung antioksidan dan beta karoten yang berperan dalam menangkal radikal bebas. Biasanya, radikal bebas dapat ditemukan pada asap rokok, polusi kendaraan, dan radiasi sinar ultraviolet.

3. Mengatasi Masalah Kulit

Khasiat cuka apel yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Cuka apel memiliki manfaat untuk mengatasi kulit yang berjerawat atau eksim. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah bintik-bintik jerawat.

4. Mengatasi Sembelit

Bila Anda mengalami masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sulit buang air besar, cobalah untuk melakukan pengobatan alternatif dengan meminum cuka apel. Dengan mengonsumsi cuka apel yang kaya akan probiotik, kesehatan usus dan organ pencernaan Anda akan tetap terjaga.

sembelit

Adanya asam ini dapat membantu proses penyerapan nutrisi. Jika Anda mengonsumsi cuka apel sesuai sesuai aturan yang berlaku, maka sembelit akan teratasi dengan baik.

5. Mencegah Kolesterol

Ternyata, cuka apel juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Timbunan kolesterol jahat dapat menjadi sumber penyakit stroke dan jantung. Karena kaya akan antioksidan, cuka apel dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sambil meningkatkan kolesterol baik (HDL).

6. Mencegah Darah Tinggi

Khasiat cuka apel sangat baik untuk darah tinggi. Menurut suatu penelitian, cuka apel dapat menurunkan rata-rata kadar gula dalam darah secara signifikan dalam waktu 4 minggu. Selain itu, cuka sari apel dapat meningkatkan tingkat sensitivitas hormon insulin.

Adapun, hormon insulin bertanggung jawab pada proses pengangkutan gula dari darah ke dalam jaringan. Dengan mengonsumsi cuka apel secara rutin, darah tinggi dan diabetes dapat teratasi secara optimal.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi cuka apel adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Cuka apel terbukti mampu mencegah kuman dan bakteri yang menyebabkan berkembangnya penyakit. Jika Anda mengonsumsi cuka apel secara teratur, berbagai gejala sakit tenggorokan dan pilek bisa meringankan gejala sinus.

8. Meredakan Asam Lambung

Cuka apel ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk asam lambung. Penyakit asam lambung sendiri merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya aliran balik asam di perut ke kerongkongan. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengalami gejala, seperti mual, mulas, dan mudah bersendawa.

Dengan mengonsumsi cuka apel, berbagai gejala asam lambung akan teratasi dengan baik. Untuk hasil terbaik, Anda dapat melarutkan dua sdm sari cuka apel ke dalam 200 ml air. Setelah itu, minum ramuan tersebut sebelum makan atau di malam hari.

Cara Minum Cuka Apel

khasiat dan cara minum cuka apel

Selain difungsikan sebagai salah satu bahan pelengkap makanan, cuka apel juga dapat menjadi minum halal yang bermanfaat. Untuk mendapatkan berbagai manfaat yang sudah dijabarkan di atas, Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan segelas air hangat.

Cara minum yang aman adalah mencampurkan sekitar 5-10 ml atau 15-30 ml cuka apel per hari. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin agar khasiat cuka apel yang didapat lebih optimal.

Efek Samping Cuka Apel

Lantas, cuka apel apakah aman dikonsumsi setiap hari? Tentu saja jawabannya adalah aman, selama Anda masih mengonsumsi dalam batas atau dosis wajar.

Meskipun memiliki banyak manfaat, cuka apel juga memiliki beberapa efek samping bagi kesehatan Anda. Ingin tahu apa efek samping cuka apel? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Memperlambat Pengosongan Perut

Cuka apel dapat membantu mencegah peningkatan gula darah secara signifikan dengan cara mengurangi kecepatan makanan dalam memasuki dan meninggalkan perut. Jika Anda mengonsumsi cuka apel secara berlebihan, proses penyerapan makanan akan menjadi lebih lambat.

2. Menimbulkan Masalah Gigi

Semua minuman atau makanan yang mengandung asam memang sudah terbukti dapat merusak lapisan enamel gigi. Jika enamel gigi Anda terus terkikis, maka kerusakan lebih lanjut dapat terjadi, misalnya gigi berlubang.

Apalagi, jika cuka apel tidak dilarutkan dalam air. Selain itu, sari cuka apel juga dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif dan berwarna kekuningan jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dan jangka waktu lama.

3. Menurunkan Mineral Tulang

Khasiat cuka apel memang sangat banyak. Namun, mengonsumsi cuka apel dalam jumlah banyak dapat membuat kadar kalium menjadi rendah. Pasalnya, untuk mencerna cuka apel, tubuh akan mengeluarkan kalium yang banyak.

Jika kadar kalium Anda rendah, Anda dapat mengalami sembelit, kelelahan, detak jantung yang tidak beraturan, hingga kerusakan pada otot. Maka dari itu, tetap perhatikan aturan minumnya, ya.

4. Kerongkongan Terasa Perih

Mengonsumsi cuka apel secara berlebihan juga dapat berpotensi menyebabkan kerongkongan menjadi luka. Jika terdapat luka pada kerongkongan, tentu saja Anda akan merasakan perih dalam waktu yang cukup lama. Apalagi, jika Anda mengonsumsi cuka apel tanpa dilarutkan bersama air terlebih dahulu.

Rekomendasi Cuka Apel Terbaik

Jika Anda ingin mendapatkan khasiat cuka apel yang lebih maksimal, tentu saja Anda harus menggunakan merk cuka apel terbaik. Berikut beberapa rekomendasi merk cuka apel yang sering digunakan, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun konsumsi langsung:

1. Bragg

Merk cuka apel ini pasti sudah tidak asing lagi. Popularitas cuka apel ini sangat tinggi karena kualitasnya yang mumpuni. Bragg sendiri menawarkan sari cuka apel yang tidak melalui proses pasteurisasi dan filtrasi, sehingga kandungannya masih murni.

Selain itu, cuka merk ini juya mengandung suatu struktur kompleks asam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biasanya, Anda akan menemukan cuka ini dalam kemasan yang cukup besar. Untuk memilikinya, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp25.000 (share-in-jar) hingga Rp430.000.

2. Tahesta

Selanjutnya, ada produk cuka apel buatan anak bangsa. Sudah tidak perlu diragukan lagi, Tahesta populer sebagai cuka kesehatan di Tanah Air karena kaya akan vitamin dan mineral.

Selain itu, cuka ini juga mampu mencegah penyakit stroke, diabetes, dan jantung koroner. Untungnya lagi, cuka Tahesta dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp37.400 sampai Rp95.000.

3. Eden

Merk cuka selanjutnya berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Sama seperti cuka Bragg, cuka Eden juga tidak melalui proses pasteurisasi dan filtrasi, sehingga kandungannya masih murni. Selain itu, cuka ini juga mengandung mother of vinegar.

Adapun, proses fermentasi yang dilalui cuka ini cukup lama agar kualitas lebih tinggi, menyegarkan, serta memiliki efek soothing. Maka dari itu, tak heran jika cuka Eden mampu meredakan sunburn, jerawat membandel, hingga mengobati sengatan lebah.

Untungnya lagi, cuka Eden dapat disimpan dalam waktu yang lama karena dikemas dalam botol kaca yang terbuat dari amber. Untuk mendapatkan cuka berkelas ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp135.000 sampai Rp315.000.

4. S&W

Terakhir, ada merk cuka S&W. Berdiri sejak tahun 1896 di Amerika Serikat, tentu saja S&W mampu menawarkan kualitas terbaik bagi para penggunanya. Layaknya cuka apel pada umumnya, S&W juga kaya akan manfaat.

Cuka S&W sangat terkenal sebagai penghilang noda kuning yang ampuh pada gigi dan kuku. Meskipun berkualitas tinggi, Anda bisa mendapatkan cuka ini dengan harga terjangkau, yakni sekitar Rp35.000 sampai Rp77.000.

Jika Anda memilih produk yang berkualitas tinggi, dapat dipastikan seluruh khasiat cuka apel bisa Anda rasakan. Apalagi, jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Akan tetapi, perlu diingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan dengan jangka waktu yang panjang.

Sharing is caring!

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>